Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Nunukan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Hendra Lesmana Ingatkan Bahaya Penyebaran Covid-19 dari Orang Tanpa Gejala

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 22 April 2020 - 00:10 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Bupati Lamandau H Hendra Lesmana mengingatkan agar masyarakat terus melakukan upaya pencegahan penyebaran Covid-19. Menurutnya, penyebaran bisa terjadi kapan dan dimana saja termasuk dari orang tanpa gejala (OTG) Covid-19.

"Saya ingatkan agar kita semua jangan merasa aman, apalagi sekarang ini banyak kasus penularan dari orang tanpa gejala atau OTG, ini yang bahaya," katanya, usai konferensi pers, di Aula Setda, Selasa 21 April 2020.

OTG covid-19, kata ketua gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 kabupaten Lamandau itu, sangat sulit di deteksi karena tidak terlihat atau bahkan penderitanya tidak merasakan gejala apapun, sehingga seperti orang sehat pada umumnya. 

Sejauh ini, biasanya orang tanpa gejala Covid-19 baru diketahui setelah sampel swab yang diambil darinya menunjukkan positif Covid-19. Di sisi lain, kondisi saat ini masih tidak mungkin diadakannya uji sampel secara massal. 

"Saat ini masih tidak mungkin kita lakukan pengujian sampel swab secara massal. Sehingga solusi efektif untuk menghindari potensi penyebaran virus dari OTG covid-19 ialah dengan tidak melakukan kontak langsung dengan orang lain. Artinya, ayo terapkan physical distancing dan tetap di rumah saja," pinta Bupati Hendra.

Diketahui, saat ini kabupaten Lamandau sudah masuk zona merah Covid-19 seiring dengan adanya satu warga yang positif Covid-19. Warga yang positif Covid-19 itu kini di rawat RS Bhayangkara, Palangka Raya. 

Meskipun hasil swab-nya menunjukan terkonfirmasi positif Covid-19, warga Lamandau yang memiliki riwayat perjalanan ke pulau Jawa tersebut itu, masuk kategori OTG covid-19. (HENDI NURFALAH/B-7)

Berita Terbaru