Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bone Bolango Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Produsen Mobil Pakai Airbag Eksternal 2021 Lindungi Pejalan Kaki

  • Oleh Teras.id
  • 22 April 2020 - 11:00 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Selama ini, kantung udara, dan sabuk pengaman hanya menjadi penyelamat bagi pengemudi dengan mobil modern. Hanya saja, jika kecelakaan terjadi maka tidak ada penyelamat bagi mereka yang berada di luar kendaraan. Dari sini muncullah gagasan meletakkan kantung udara di bagian luar mobil untuk melindungi pejalan kaki, pengendara sepeda dan pengendara motor.

Honda telah mengajukan sejumlah aplikasi paten baru untuk sistem yang dirancang untuk melindungi pejalan kaki atau pengendara kendaraan dua roda di luar mobil selama kecelakaan.

Gagasan paten telah berputar di sekitar tidak hanya airbag eksternal tetapi suatu sistem yang menggunakan radar, kamera dan komputer untuk mengenali dengan tepat apa yang akan ditabrak mobil, menilai seberapa besar itu dan untuk menyesuaikan reaksi mobil untuk meminimalkan cedera.

Seperti halnya airbag eksternal, ide-ide Honda mencakup berbagai panel yang dapat digerakkan, termasuk kap yang naik dan mengubah sudutnya untuk melindungi benturan, dan bahkan bumper tingkat rendah yang memanjang setinggi pergelangan kaki untuk mendorong kaki pejalan kaki menjauh dan memastikan mereka naik ke kap mobil bukan meluncur di bawah mobil.

Paten lain bahkan menunjukkan airbag berbentuk khusus yang dirancang untuk melilit pejalan kaki, pengendara sepeda atau pengendara motor yang mengarahkan ke kap mobil, menahannya di tempat sehingga tidak terlontar membentur aspal maupun bangunan lainnya.

Honda tidak sendirian dalam penelitian ini. Pemasok suku cadang Jerman, ZF, telah mengembangkan seperangkat airbag yang dipasang di samping untuk mobil yang dapat mengurangi cedera akibat benturan samping jika sebuah mobil melaju di depan Anda.

Pertama kali diperagakan di akhir 2018, perangkat itu mirip dengan ide Honda dengan penggunaan serangkaian radar, kamera, dan sensor LiDAR yang membantu menentukan dampak dan membantu komputer pusat memutuskan apakah harus menggunakan airbag. Perangkat itu diselipi udara dalam waktu kurang dari 100 milidetik setelah komputer memberikan lampu hijau, yang berarti perangkat itu dapat mengembang sebelum crash benar-benar terjadi.

Berbeda dengan ide-ide airbag eksternal Honda, yang difokuskan pada melindungi pengguna jalan yang rentan di luar kendaraan, fokus utama tas ZF tetap pada penghuni mobil membantu menyebarkan energi saat mobil dihantam dan mengurangi kemungkinan intrusi ke kabin mobil. Namun, airbag yang lembut dan menyerap energi dan tidak akan terlalu menyebabkan korban cidera dibandingkan dengan bodi mobil yang keras.

Kini banyak mobil modern dilengkapi dengan sistem pengereman otomatis yang mampu mengurangi kecelakaan - pada kenyataannya, sebuah mobil sekarang membutuhkan teknologi penghindaran kecelakaan untuk mendapatkan peringkat Euro NCAP bintang lima - dan dengan menambahkan sensor tambahan dan komputer yang membuat lebih banyak gambaran lengkap dari sekitar mobil, mobil dengan airbag eksternal sebenarnya akan lebih siap untuk menghindari tabrakan.

(TERAS.ID)

Berita Terbaru