Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bengkulu Utara Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Amerika Siapkan Rencana Darurat Jika Kim Jong Un Meninggal

  • Oleh Teras.id
  • 22 April 2020 - 12:50 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Pemerintah Amerika Serikat sudah menyiapkan rencana darurat jika pemimpin Korea Selatan Kim Kong Un meninggal.

Sumber mengatakan kepada Fox News bahwa mereka membahas nasib Korea Utara setelah laporan intelijen AS yang mengklaim kesehatan Kim Jong Un kritis pasca-operasi kardiovaskular.

Dikutip dari Fox News, 22 April 2020, sumber intelijen pertahanan mengatakan pada Selasa bahwa bahwa pemerintah AS memiliki rencana yang luas jika Kim Jong Un tiada, dengan mempertimbangkan semua komplikasi yang timbul dari kematiannya.

Pejabat itu menggambarkan kemungkinan krisis kemanusiaan besar di Korea Utara yang dapat mencakup jutaan orang yang menghadapi kelaparan dan eksodus massal pengungsi Korea Utara ke Cina. Sumber-sumber intelijen mengatakan bagian dari rencana itu akan sangat bergantung pada Cina untuk turun tangan dan membantu mengelola situasi di lapangan di dalam Korea Utara, sebagian karena kedekatan Cina dan sebagian karena tantangan logistik AS yang menyediakan bantuan kemanusiaan.

Daily NK, sebuah berita online berkala yang berbasis di Seoul, yang sebagian besar dijalankan oleh para pembelot Korea Utara, telah melaporkan bahwa Kim Jong Un, 36 tahun, sedang dalam masa pemulihan dari operasi 12 April di sebuah villa daerah resor di pantai timur. Laporan itu mengatakan Kim Jong Un dioperasi setelah kesehatannya memburuk karena merokok berat, obesitas, dan terlalu banyak bekerja.

Namun secara spesifik kondisi Kim Jong Un masih belum jelas, karena Korea Utara terkenal karena menahan dan mendistorsi berita di dalam perbatasannya.

Sumber intelijen AS mengatakan kepada CNN ada kekhawatiran kesehatan Kim Jong Un memburuk, meski laporan ini belum kredibel.

Para pejabat Korea Selatan tidak meyakini laporan-laporan ini dan tidak menemukan aktivitas yang tidak biasa di Korea Utara.

Kantor berita Korea Selatan Yonhap menyebut laporan itu tidak benar.

"Kami tidak memiliki informasi untuk mengonfirmasi tentang rumor tentang masalah kesehatan Kim Jong Un yang telah dilaporkan oleh beberapa media," kata juru bicara kepresidenan Korea Selatan Kang Min-seok. "Pun, tidak ada perkembangan tidak biasa yang terdeteksi di Korea Utara."

Berita Terbaru