Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Toli-Toli Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DPRD Sukamara Berikan Catatan Kepada Pemkab Terkait Penyelenggaraan Pemerintahan

  • Oleh Norhasanah
  • 22 April 2020 - 14:06 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - DPRD Kabupaten Sukamara menggelar rapat paripurna penyampaian rekomendasi cacatan strategis terhadap LKPj bupati yang disampaikan beberapa waktu lalu, Rabu, 22 April 2020.

Rekomendasi yang disampaikan Anggota DPRD Dapil II, H Karyanto menyampaikan salah catatan strategis yang berisikan masukan dan koreksi terhadap penyelenggaraan pemerintah.

"Dalam rangka mewujudkan pelaksanaan otonomi daerah yang sejalan dengan upaya menciptakan pemerintahan yang bersih, bertanggung jawab serta mampu menjawab tuntutan secara efektif dan efisien sesuai dengan prinsip tata pemerintahan yang baik, maka perlu dilaksanakan mekanisme pertanggungjawaban," katanya.

"Salah satunya melalui kewajiban kepala daerah untuk menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) kepada DPRD," tambahnya.

Dalam catatan yang disampaikan, DPRD Sukamara menyoroti produk domestik regional bruto atau PDRB yang mengalami penuruan, sehingga Pemkab diminta untuk serius menanganinya.

"Pada 2018 PDRB berada dianggka 6,17 persen dan 2019 turun menjadi 6,05 persen dirharapkan kepada saudara Bupati untuk lebih serius dalam meningkatkan pertumbuhan PDRB di tahun berikutnya," pintanya.

Karyanto meminta agar rekomendasi ini dipelajari dan dijadikan acuan dalam perbaikan penyelenggaraan pemerintah selanjutnya.

"Perlu disadari bersama bahwa Rekomendasi yang berupa catatan-catatan strategis yang tertuang dalam keputusan ini, tidak semata-mata hanya untuk memenuhi amanat perundang-undangan, namum sebagai bentuk pengawasan yang merupakan salah satu fungsi yang dimiliki DPRD Kabupaten Sukamara," tukasnya. (NORHASANAH/B-6)

Berita Terbaru