Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Halmahera Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Barito Timur Sudah Maksimal Tangani Covid-19

  • Oleh Prasojo Eko Aprianto
  • 22 April 2020 - 16:41 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Bupati Barito Timur, Ampera AY Mebas menegaskan dirinya bersama jajarannya selalu maksimal dan sangat serius menanganai serta menanggulangi COVID-19

"Upaya pencegahan telah kita laksanakan dengan penyemprotan desinfektan. Upaya penanganan juga telah dilaksanakan dengan melakukan tes cepat atau rapid test hingga merujuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan positif COVID-19 ke RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya," katanya melalui telepon, Rabu 22 April 2020.

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 atau COVID-19 Barito Timur ini juga mengatakan upaya pencegahan sudah dilaksanakan dengan penyemprotan dan pembuatan posko pemantauan di wilayah perbatasan dan sudah berlangsung hingga saat ini.

Untuk penanganannya, RSUD Tamiang Layang sudah menyediakan ruangan isolasi. Untuk di desa-desa, Dana Desa tahap pertama sebagian sudah dialihkan untuk penanganan Covid-19. Selain itu, sedang dilakukan proses perubahan APBDes untuk bantuan dampak sosial.

Pemkab melalui Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) sedang melakukan rasionalisasi pada struktur APBD 2020, karena penyaluran dari pemerintah pusat berkurang sebagaimana dus surat dari Menteri Keuangan dan Menteri Dalam Negeri.

Dana yang dilakukan rasionalisasi akan direalokasikan dan dipusatkan untuk penanganan COVID-19 di wilayah Kabupaten Barito Timur.

"Peralatan kesehatan sudah tersedia, baik dari hasil pembelian maupun bantuan pemerintah pusat dan Pemprov Kalteng, serta bantuan berbagai pihak," katanya.

Menurut Ampera, semua yang dilaksanakan tersebut merupakan bukti keseriusan Pamkab Bartim dalam menangani dan menanggulangi pandemi COVID-19..

DPRD Barito Timur merupakan mitra kerja Pemkab yakni di bidang pengawasan. Pengawasan dimaksud yakni melakukan penilaian terhadap pelaksanaan kebijakan dan pelaksanaan anggaran yang berbasis kinerja.

"Untuk lebih jelasnya DPRD bisa memanggil perangkat daerah sesuai mitra kerjanya sehingga mendapatkan informasi yang diinginkan. Karena situasi pandemi COVID-19, maka rapat bersama bisa dilaksanakan dengan konferensi video,"pungkasnya. (PRASOJO/B-6)

Berita Terbaru