Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Manado Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Polres Bersama Kodim dan Pemkab Barut Gelar Simulasi TFG Antisipasi Kontinjensi Dampak Covid-19

  • Oleh Ramadani
  • 22 April 2020 - 22:00 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Dalam rangka mengantisipasi kontinjensi dampak pandemi Covid-19, Polres Barito Utara bersama Kodim 1013/Mtw dan Pemerintah Daerah Kabupaten Barito Utara melaksanakan Simulasi Tactical Floor Game (TFG) di halaman kantor bupati, Rabu, 22 April 2020.

Kapolres Barito Utara, AKBP Dodo Hendro Kusuma SIK mengatakan, TFG merupakan salah satu bentuk taktik dan strategi untuk mengantisipasi permasalahan terburuk yang kemungkinan dapat terjadi di lapangan.

“Simulasi TFG dilaksanakan dalam upaya Sistem Pengamanan Kota (Simpamkota) terkait penanganan pandemi Covid–19 di wilayah hukum Kota Muara Teweh dan sekitarnya,” katanya.

AKBP Dodo menjelaskan, maksud dan tujuan TFG untuk menyamakan persepsi cara bertindak anggota di lapangan serta bertujuan untuk memetakan pergerakan personal dalam segala kondisi di wilayah Kabupaten Barito Utara.

Hal ini terkait dengan dampak pandemi covid 19 yang terjadi saat ini, sehingga perlu penanganan secara bersama, sinergitas antara TNI/Polri serta unsur pemerintah.

"Dikawatirkan bahwa pandemi ini akan menyebabkan konflik sosial khususnya di wilayah Kabupaten Barito Utara," ungkap Dodo.

Sementara itu, Bupati Barito Utara, H Nadalsyah menyampaikan bahwa dengan ditetapkannya Barito Utara dalam kategori zona merah, perubahan situasi dan kondisi sangat mungkin muncul di lapangan.

“Apabila ada perubahan situasi kontijensi secara cepat, kita selaku Pemerintah sudah siap dalam penanganan atau cara bertindak dilapangan dan dapat diantisipasi sedini mungkin,” ujar Nadalsyah.

Saat ini, dampak dari Pandemi Covid-19 adalah adanya pembatasan berbagai kegiatan. "Kita telah melakukan peliburan sekolah dan tempat kerja, pembatasan kegiatan keagamaan, pembatasan kegiatan di tempat atau fasilitas umum," pungkasnya. (RAMADHANI/B-7)

Berita Terbaru