Balapan Liar Meningkat di Tengah Pandemi Covid-19, Kapolres Kotim Turun Tangan Lakukan Penertiban

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 23 April 2020 - 09:30 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Kapolres Kotawaringin Timur, AKBP Mohammad Rommel turun tangan langsung melakukan penertiban aksi balapan liar di jalur lingkar utara Sampit. Pasalnya, ada peningkatan aksi berbahaya di jalanan itu di tengah pandemi Covid-19.

"Kami menindaklanjuti laporan masyarakat soal meningkatnya aksi balapan liar. Dan beberapa waktu lalu, penertiban kami lakukan. Pemantauan akan terus kami lakukan setiap hari," kata Rommel, Kamis, 23 April 2020.

"Tentu ini kami sesalkan. Libur sekolah di tengah pandemi covid-19 ternyata dimanfaatkan segelintir remaja untuk melakukan balapan liar," katanya.

Hasil dari penertiban itu, sejumlah pembalap liar yang didominasi masih berusia remaja diamankan berikut barang bukti berupa sepeda motor yang digunakan.

"Untuk efek jera, tidak hanya sanksi tilang yang kami berikan. Untuk kendaraan yang tidak lengkap dan apabila terbukti hasil kejahatan, sanksi pidana akan kami terapkan," tegas Rommel.

Dia menegaskan, patroli untuk penertiban balapan liar akan rutin dilaksanakan setiap waktunya. Terutama di waktu-waktu yang dicurigai kerap digunakan untuk aksi adu adrenaline di jalanan umum itu.

"Kami juga meminta orangtua untuk mengawasi anaknya di tengah wabah seperti ini. Jangan dibiarkan berkeluyuran apalagi melakukan aksi balapan liar. Karena itu berbahaya untuk anak sendiri dan pengguna jalan lainnya," kata dia.

Sementara itu, Rommel juga menyoroti ulah narapidana yang mendapat asimilasi di daerah lain yang berbuat onar. Langkah yang dilakukannya, dengan meningkatkan pengawasan serta pengamanan.

Beruntung, di Kotawaringin Timur belum ada laporan narapidana asimilasi yang membuat ulah sehingga mengganggu stabilitas kamtibmas. (MUHAMMAD HAMIM/B-11)

Berita Terbaru