Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Labuhan Batu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Perhubungan Kotawaringin Barat Laksanakan Survey Traffic Counting Jalan Ahmad Yani

  • Oleh Wahyu Krida
  • 23 April 2020 - 12:10 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Guna memenuhi manajemen rekayasa lalu lintas, Dinas Perhubungan Kotawaringin Barat (Kobar) melaksanakan survey traffic counting atau penghitungan volume lalu lintas Jalan Ahmad Yani Km 4,5.

"Pengambilan data volume lalu lintas tersebut dikelompokkan pada jenis kendaraan dan periode waktu saat melintasi ruas jalan tersebut," kata Kabid Lalu Lintas Angkutan Dishub Kobar, Burhan, Kamis, 23 April 2020.

Menurut Burhan, pemenuhan kebutuhan manajemen rekayasa lalu lintas ini bertujuan untuk menentukan dan memutuskan tindakan yang perlu diambil pada median jalan tersebut.

"Pelaksanaan survei ini sebagai tindak lanjut permohonan dari pegiat ekonomi yang ingin membuka kegiatan usaha dan beroperasi menggunakan area ruas jalan Ahmad Yani KM 4,5. Mereka meminta untuk pembukaan median jalan untuk akses masuk dan keluar kendaraan," jelas Burhan.

Selain itu, menurut Burhan, hal ini juga menyikapi ruas jalan Ahmad Yani KM 4,5 sudah beberapa kali terjadi kecelakaan lalu lintas. 

"Sehingga perlu dilakukan survey traffic counting sebagai dasar dalam mengambil keputusan. Berdasarkan data hasil survey traffic counting, saat ini di lokasi tersebut belum bisa dilakukan pembukaan median jalan untuk masuk dan keluar kendaraan operasional kegiatan usaha di area ruas jalan," jelas Burhan.

Bahkan, lanjut Burhan, diperlukan penambahan median jalan untuk meminimalisasi risiko terjadinya kecelakaan lalu lintas.

“Hasil survey traffic counting nantinya sebagai bahan tindak lanjut dan akan disajikan dalam rapat forum Lalu Lintas Angkutan Jalan (LLAJ). Rapat tersebut nantinya  melibatkan kepolisian dan Dinas PUPR Kobar," pungkas Burhan. (WAHYU KRIDA/B-11)

Berita Terbaru