Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Pertanian Barito Timur Beri Pelatihan Ayam Petelur di Desa Gumpa

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 23 April 2020 - 18:11 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Dinas Pertanian Kabupaten Barito Timur memberikan pelatihan budidaya ayam petelur kepada 10 warga Desa Gumpa, Kecamatan Dusun Timur.

Dalam kegiatan yang menggunakan dana desa ini materi pelatihan disampaikan dokter hewan dari UPTD Puskeswan Tamiang Layang, Akhmad Rizaldi.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Barito Timur yang ikut memantau kegiatan pelatihan berpesan kepada calon peternak ayam petelur agar budidaya ayam petelur tersebut dapat memberikan manfaat ekonomi bagi keluarga.

"Dalam kondisi seperti ini, paling tidak dapat memenuhi kebutuhan protein keluarga bahkan lebihnya bisa dijual untuk memenuhi kebutuhan telur didesa," kata Riza Rahmadi di Desa Gumpa, Kamis 23 April 2020.

Dia juga menyampaikan komitmen dinas pertanian mendampingi petani agar berhasil dalam budidaya ayam petelur.

"Kalau bapak ibu ada kesulitan, tidak usah sungkan atau malu untuk datang ke Dinas Pertanian, nanti kami juga tetap akan bantu kebutuhan obat dan disinfektan," janjinya.

Sedangkan pembuatan kandang ayam, Riza Rahmadi menyarankan petani memanfaatkan sumberdaya alam di desa seperti kayu maupun bambu agar dapat menghemat biaya pembuatan kandang.

Sementara itu Kepala Desa Gumpa, Salakman Taran menjelaskan biaya pelatihan budidaya ayam petelur maupun pengadaan ayam petelur bersumber dari dana desa.

"Sesuai dengan program pemerintah untuk pemberdayaan masyarakat, kita menganggarkan dari dana desa Rp 52 juta untuk budidaya ayam petelur," ungkapnya. (BOLE MALO/B-6)

Berita Terbaru