Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bima Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Jenis Sembako Program Pasar Murah Pemkab Lamandau yang Hanya Rp 125.000 per Paket

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 23 April 2020 - 20:15 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Program operasi pasar dalam bentuk penyediaan 30 ribu sembako murah yang dicanangkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamandau resmi bergulir.

Digulirkannya program ini bersamaan dengan launching yang digelar di Desa Bukit Raya, Menthobi Raya, Kamis 23 April 2020. Program tersebut sebagai salahsatu bentuk dukungan ketahanan ekonomi dan sosial masyarakat akibat wabah Covid-19 yang terjadi saat ini.

Diketahui, paket sembako yang disiapkan terdiri dari empat jenis barang meliputi beras, minyak goreng, mie instan dan juga ikan kaleng atau sarden. 

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM kabupaten Lamandau, Penyang Lanen, memastikan 30 ribu paket yang disiapkan itu, isi dan harga tebusnya sama, yakni Rp125.000/paket.

"Jumlah dan jenis barang yang didapat masyarakat pada paket sembako murah ini dipastikan sama, termasuk juga untuk harga belinya, yakni 125.000 rupiah per paket. Adapun dimungkinkan ada standar harga yang berbeda di tiap-tiap daerah, itulah yang menjadi tanggungan atau disubsidi pemkab, sehingga yang disubsidi bisa saja lebih dari 50 persen," jelasnya. 

Penyang memberi contoh, di Desa Bukit Raya kecamatan Menthobi Raya, standar harga untuk satu paket sembako tersebut seharga Rp275.000/paket, namun yang ditebus masyarakat tetap Rp125.000/paket. 

Artinya, kata Penyang, pemkab Lamandau mensubsidi paket sembakonya lebih dari 50 persen. Hal yang sama juga dipastikan berlaku di daerah lain.

Diketahui, rincian jenis barang untuk setiap paket sembako murah pemkab Lamandau itu berupa Beras 10 kg, Minyak Goreng 2 liter, Mie Instan 1 dus, serta ikan kaleng (sarden) isi 465 gr. 

Paket sembako tersebut bisa didapat dengan ketentuan 1 paket untuk setiap kepala keluarga (KK) dan melewati proses pendataan petugas RT atau pemerintah desa. (HENDI NURFALAH/B-7)

Berita Terbaru