Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Nabire Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Barito Timur Gelar Rapat Sinkronisasi Data Masyarakat Terdampak Covid-19

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 23 April 2020 - 20:40 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Pemerintah Kabupaten Barito Timur menggelar rapat sinkronisasi data masyarakat terdampak wabah Virus Corona atau Covid-19.

Asisten I Setda Barito Timur John Wahyudi saat memimpin rapat menjelaskan rapat tersebut dilaksanakan guna mensinkronkan data-data masyarakat di Kabupaten Barito Timur yang terdampak Covid-19. Hal itu agar menjadi satu data untuk memudahkan pemerintah dalam melakukan penanggulangan dampak ekonomi khususnya melalui pemberian bantuan sosial atau bansos.

"Data yang akurat dan valid mutlak diperlukan supaya bansos yang diberikan tepat sasaran," kata John Wahyudi di Ruang Rapat Bupati Barito Timur, Kamis 23 April 2020.

Karena itu, lanjutnya, diperlukan sinkronisasi data dari berbagai pihak yang menangani pendataan masyarakat seperti Dinas Sosial dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa atau DPMD.

John Wahyudi menekankan agar OPD terkait seperti Dinas Sosial, DPMD dan para Camat agar selalu berkoordinasi jika ada perubahan data masyarakat terdampak Covid-19.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Barito Timur, Rusdiannor, dalam penjelasannya mengatakan bahwa saat ini ada beberapa jenis bansos yang diberikan pemerintah kepada masyarakat terdampak Covid yakni PKH, BPNT dan BST dari Kementerian Sosial, kemudian bansos Covid-19 Pemprov Kalimantan Tengah serta bansos BLTD dari APBDes.

"Tiap bansos tersebut menggunakan data berbeda supaya tidak ada data bansos ganda," jelas Rusdiannor.

Kepala DPMD Kabupaten Barito Timur Barnusa, juga menjelaskan bahwa salah satu langkah yang diambil oleh DPMD adalah melakukan pendataan calon penerima BLTD di seluruh desa.

"Data BLTD tersebut akan disinkronkan dengan data penerima bansos yang ada di Dinas Sosial supaya tidak terjadi tumpang tindih data," ungkap Barnusa. (BOLE MALO/B-7) 

Berita Terbaru