Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Surabaya Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Antisipasi Kebakaran, Anggota Damkar Kobar Berikan Tips Aman Gunakan Kompor Gas

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 24 April 2020 - 15:31 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Satpol PP dan Damkar Kobar mengimbau masyarakat supaya meningkatkan kewaspadaan terhadap bahaya kebakaran dengan memberikan tips aman saat menggunakan kompor gas elpiji.

Tidak hanya diberikan tips aman gunakan kompor gas elpiji, namun petugas damkar juga berikan contoh langsung bila terjadi kebakaran di halaman Mako Damkar, Jalan Pangeran Antasari, Jumat, 24 April 2020.

Terlebih saat ini tengah memasuki bulan suci ramadhan ditambah pandemi Covid-19 dan adanya imbauan dirumah, maka kewaspadaan perlu ditingkatkan sebab masyarakat akan lebih sering memasak.

Kepala Satpol PP dan Damkar Kobar, Majerum Purni menyampaikan adapun tips aman gunakan kompor gas elpiji yang pertama, periksa lebih dulu sebelum memasak regulator dari tabung gas serta selang regulator yang menuju ke kompor.

Jika tercium bau gas, jangan sampai memicu terjadinya kebakaran. "Pastikan antara regulator dan tabung gas terpasang rapat, jangan sampai ada kebocoran yang ditandai dengan bau gas atau bunyi desis," ujarnya, Jumat, 24 April 2020.

Selanjutnya bila terjadi kebocoran pada tabung gas, jangan menyalakan saklar listrik untuk menyalakan atau mematikan lampu di tempat sekitar gas bocor.

Gunakan alat untuk penerangan yang juga tidak menimbulkan panas seperti lilin, pelita atau korek api. Jangan panik, lalu pelan-pelan lepas regulator dari tabung gas.

"Ingat, jangan panik, lepas regulatornya, lalu bawa kompor atau tabung gas elpiji yang bocor ke ruang terbuka," ucapnya.

Jika ada api yang muncul dari kompor, seperti kompor yang berbahan minyak, gunakan karung atau handuk basah untuk memadamkannya. Lebih bagus lagi, apabila warga memiliki Alat Pemadam Api Ringan (Apar) dirumahnya masing-masing.

"Karena kompor minyak bila dipadamkan dengan cara disiram menggunakan air, api bisa membesar. Gunakan Apar lebih baik jika ada," ungkapnya.

Majerum menyarankan sebaiknya masyarakat menggunakan komponen kompor gas elpiji yang telah Standar Nasional Indonesia atau SNI.

Bagi masyarakat bila mengetahui musibah kebakaran supaya segera mungkin melaporkan ke Bidang Pemadam Kebakaran yang selalu standby 1 x 24 jam di Mako Damkar. Bisa via telepon (0532-22008) atau via telepon celuler atau WhatsApp (0812-9046-1661). (DANANG/B-6)

Berita Terbaru