Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ikuti Anjuran Pemerintah Salah Satu Cara Aman Cegah Penularan Covid-19

  • Oleh James Donny
  • 24 April 2020 - 15:56 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pulang Pisau, Muliyanto Budihardjo yang juga Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 mengimbau masyarakat untuk mengikuti anjuran pemerintah sebagai salah satu cara aman mencegah penuranan corona virus disease.

Anjuran ini merupakan cara yang paling aman dan efektif dan dianjurkan semua negara yang mengalami pandemi Covid-19

"Ini penting sekali untuk kita patuhi, yakni dengan menerapkan sosial dan physical distancing, artinya hindari keramaian, kerumunan masa," terang pria yang akrab disapa dokter Mul ini. 

Menurutnya dengan menerapkan physical distancing ketika beraktivitas di luar ruangan atau tempat umum, artinya sudah melakukan Iangkah mencegah terinfeksi virus corona. 

"Kita juga selalu mengimbau masyarakat untuk selalu mencuci tangan sebelum maupun sesudah beraktifitas dengan menggunakan sabun dan air mengalir, dan kalau memang tidak tersedia bisa gunakan pembersih tangan atau hand sanitizer," ujarnya. 

Yang tidak kalah pentingnya adalah untuk tetap berdiam di rumah, karena menurutnya dengan tidak keluar rumah atau stay at home akan meminimalisasi masyarakat terjangkit virus corona dan tidak beresiko. 

Jika terpaksa harus keluar rumah karena sesuatu hal yang tidak bisa dihindari, maka dianjurkan masyarakat selalu menggunakan masker.

"Memakai masker saat keluar ini merupakan salah satu upaya kita untuk menjaga diri kita maupun orang Iain agar tidak menularkan covid-19 melalui batuk ataupun bersin," katanya. 

Dia mengingatkan masyarakat sebisa mungkin tidak menyentuh mata, mulut dan hidung dengan menggunakan tangan, karena virus atau sesuatu apapun itu dapat menempelkan pada tangan yang kemudian bisa ditularkan melalui mata, mulut bahkan hidung. 

Mul menjelaskan dengan mematuhi dan melaksanakan anjuran pemerintah dengan mengikuti protokol kesehatan yang ada, masyarakat sudah sangat berperan dalam memutus rantai penyebaran Covid-19. (JAMES DONNY/B-6)

Berita Terbaru