Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Samosir Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wilayah Bahaur Penyumbang Terbesar Perikanan untuk Kabupaten Pulang Pisau

  • Oleh Muhammad Badarudin
  • 24 April 2020 - 16:40 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Wilayah Bahaur, Kecamatan Kahayan Kuala sampai saat masih menjadi daerah penyumbang perikanan terbesar untuk Kabupaten Pulang Pisau. Sebab, wilayah Bahaur ini sebagian besar merupakan lautan. 

Selain itu, banyak juga tambak-tambak ikan miliki warga setempat. Data pemerintah Kabupaten Pulang Pisau mencatat ada sebanyak 12 ribu ton lebih hasil produksi yang disumbangkan melalui daerah Bahaur pada 2019 lalu. 

Sementara produksi perikanan Kabupaten Pulang Pisau mencapai 23 ribu ton lebih. Sehingga wilayah Bahaur menyumbang sekitar 50 persen lebih dari hasil produksi perikanan tersebut. 

Bupati Pulang Pisau, H Edy Pratowo mengatakan, kendala yang dihadapi hasil perikanan di wilayah Bahaur yaitu salah satunya akses jalan. Selama ini hasil perikanan tersebut hanya bisa diangkut melalui sungai. 

"Karena jalur darat masih sangat sulit dilalui. Sehingga biasanya hasil perikanan di wilayah Bahaur ini kebanyakan diangkut menggunakan kapal," kata Edy, Jumat, 24 April 2020. 

Bupati menyampaikan, pihaknya akan menggenjot peningkatan infrastruktur jalan mulai dari Bahaur hingga Cemantan. Salah satu tujuannya yaitu agar akses perikanan di wilayah tersebut semakin lancar. 

"Sehingga hasil perikanan bisa diangkut melalui jalur darat. Harapan kami nantinya produksi perikanan ini bisa semakin meningkat lagi," ungkap Edy Pratowo. (M.BADARUDIN/B-5)

Berita Terbaru