Warga Klaster Gowa Diketahui Positif Covid-19 Setelah 21 Hari Tiba di Lamandau

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 25 April 2020 - 03:00 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Seorang warga Lamandau dengan riwayat perjalanan ke Gowa, Sulawesi Selatan dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19 berdasarkan hasil uji swab, Jumat 24 April 2020.

Berdasarkan perhitungan waktu, warga yang berdomisili di Desa Wonorejo, kecamatan Sematu Jaya itu, baru diketahui terkonfirmasi positif Covid-19 berdasarkan hasil uji sampel swab, setelah 21 hari tiba dari Gowa.

"Kalau dihitung sejak kedatangannya dari Gowa sampai hari ini, berarti sudah 21 hari yang bersangkutan ada di Lamandau," kata Bupati Hendra Lesmana saat menggelar konferensi pers di Aula Kantor Camat Sematu Jaya, Jumat 24 April 2020 malam. 

Namun, kata Bupati Hendra Lesmana yang juga sebagai Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Lamandau itu, pengambilan sampel swab kepada yang bersangkutan telah dilakukan sejak Jumat pekan lalu. Artinya sampel swab diambil bertepatan dengan hari ke-16 setelah kedatangannya dari Gowa. 

Mengetahui fakta tersebut, Bupati Hendra meminta agar semua warga yang memiliki riwayat perjalanan dari zona merah, termasuk warga yang pernah atau bahkan saat ini berstatus orang dalam pemantauan (ODP) Covid-19, tidak sekali-kali menyepelekan imbauan menjalani isolasi mandiri secara disiplin. Sekalipun tidak memiliki keluhan atau gejala kesehatan apapun. 

"Sebelum keluar hasil swab ini, yang bersangkutan kan berstatus ODP. Meski sudah melakukan isolasi secara mandiri lebih dari 14 hari-pun, ternyata hasil uji swab-nya positif Covid-19. Ini pelajaran sekaligus peringatan agar tidak menyepelekan imbauan isolasi secara disiplin," sebutnya. 

Diketahui, seorang warga yang hasil swab-nya terkonfirmasi positif Covid-19 itu, sebelumnya pernah mengikuti dua kali rapid test yang diadakan Pemkab Lamandau dengan hasil keduanya, negatif. (HENDI NURFALAH/m)


Bupati Lamandau didampingi Kapolres dan Dandim saat menggelar konferensi pers, Jumatdi Aula Kantor Camat Sematu Jaya, Jumat 24 April 2020 malam. 

Berita Terbaru