Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Warga Lamandau Klaster Gowa Positif Covid-19 Dirujuk ke RSSI Pangkalan Bun

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 25 April 2020 - 03:30 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Seorang warga Lamandau dengan riwayat perjalanan ke Gowa, Sulawesi Selatan yang dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19 berdasarkan hasil uji swab. Pemkab Lamandau melalui tim gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 merujuk warga itu ke Rumah Sakit Sultan Imanuddin (RSSI) Pangkalan Bun.

"Malam ini yang bersangkutan langsung kita rujuk ke (RSSI) Pangkalan Bun," ungkap Bupati Lamandau Hendra Lesmana, saat dikonfirmasi usai memimpin Rapat Koordinasi di Aula Kantor Camat Sematu Jaya, Jumat 24 April 2020 malam. 

Bupati yang juga Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Lamandau itu, menyebut langkah merujuk warganya yang terkonfirmasi positif Covid-19 itu dilakukan karena sarana dan prasarana RSUD Lamandau saat ini belum memadai untuk melakukan penanganan pasien Covid-19 secara mandiri. Sedangkan RSSI Pangkalan Bun sudah ditetapkan sebagai rumah sakit rujukan pasien Covid-19 di Kalteng.

"Tadi tim gugus tugas kita bagian tenaga medis dari RSUD (Lamandau) langsung bergerak menjemput yang bersangkutan di rumahnya untuk kita rujuk ke (RSSI) Pangkalan Bun, malam ini juga," tegas Hendra. 

Bupati Hendra memastikan warganya tersebut akan mendapatkan perawatan intensif sesuai protokol penanganan pasien Covid-19.

Diketahui, seorang warga yang hasil swab-nya terkonfirmasi positif Covid-19 itu, sebelumnya pernah mengikuti dua kali rapid test yang diadakan Pemkab Lamandau dengan hasil keduanya negatif. 

Dengan adanya satu warga Lamandau klaster Gowa yang baru saja dinyatakan positif Covid-19 itu, praktis menambah jumlah pasien berstatus positif Covid-19 Lamandau menjadi dua. Kasus 01 sebelumnya adalah seorang warga Desa Bumi Agung, Kecamatan Bulik, dengan riwayat perjalanan ke Pulau Jawa mengikuti pendidikan. Pasien kasus 01 itu kini dirawat di RS Bhayangkara, kota Palangka Raya.  (HENDI NURFALAH/m)

Berita Terbaru