Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kepala Dinas Pertanian Barito Timur: Penyuluh Harus Terus Dampingi Peternak Hingga Berhasil

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 25 April 2020 - 18:40 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Kepala Dinas Pertanian Barito Timur Riza Rahmadi melalui Koordinator Balai Penyuluhan Pertanian atau BPP Kecamatan Paju Epat Lukmanul Chakim berpesan agar penyuluh tidak berhenti pada tahap melatih petani peternak, tetapi juga mendampingi hingga petani berhasil dalam usahanya.

Pesan itu disampaikan Lukmanul Chakim saat pendampingan pengembangan ternak unggas ayam petelur di Desa Juru Banu Kecamatan Paju Epat.

"Saya minta didampingi terus petani di wilayah kerja masing-masing penyuluh pertanian sampai dengan pemasaran termasuk di desa Juru Banu yang saat ini sedang dalam progres pembangunan kandang ayam petelur," kata Lukmanul di Desa Juru Banu, Sabtu 25 April 2020.

Menurutnya, hal ini dimaksudkan agar program yang dicanangkan  pemerintah dapat berhasil dengan baik dan memberikan dampak bagi peningkatan ekonomi petani peternak binaan penyuluh tersebut termasuk juga program ekonomi kerakyatan di Kecamatan Paju Epat.

Sementara itu, penyuluh pertanian Desa Juru Banu  Anton Boa Tua Sirait, mengatakan ayam petelur adalah ayam-ayam betina dewasa yang dipelihara khusus untuk diambil telurnya sesuai genetik yang dibentuk dan sesuai strain atau jenis ayam.


"Prospek usaha peternakan ayam ras petelur di Desa Juru Banu Kabupaten Barito Timur sangat baik, dilihat dari sisi permintaan, produksi peternakan ayam ras petelur di Barito Timur belum mencapai kapasitas produksi yang sesungguhnya," ungkap Anton.

Dia berharap dengan adanya kegiatan ini, mampu memberikan motivasi bagi kelompok tani peternak yang lain untuk mengembangkan komoditi ayam petelur. (BOLE MALO/B-5) 

Berita Terbaru