Pemkab Barito Selatan Suplai Kebutuhan Pokok Bagi ODP yang Mau Karantina Mandiri

  • Oleh Uriutu
  • 26 April 2020 - 17:20 WIB

BORNEONEWS, Buntok – Pemkab Barito Selatan, akan mensuplai kebutuhan pokok kepada Orang Dalam Pengawasan atau ODP yang memiliki riwayat kontak dengan PDP dan positif covid-19 selama dikarantina.

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Bupati Barsel, Eddy Raya Samsuri mengatakan, hal tersebut merupakan jaminan suplai bahan pokok bagi meraka yang mau isolasi dan karantina mandiri dirumah masing-masing.

“Bahan pokok akan kita berikan, asalkan bagi ODP mau melakukan karantina mandiri di rumahnya masing-masing,” kata  Eddy Raya Samsuri, Minggu, 26 April 2020.

Dia membeberkan, hal itu harus menjadi prioritas, terutama bagi para ODP yang mempunyai riwayat kontak erat dengan PDP dan positif virus corona, untuk menjamin agar mereka tidak berkeliaran dan berinteraksi dengan orang lain selama masa isolasi. Khususnya, klaster Gowa, Sulawesi Selatan yang memang kebanyakan dikonfirmasi terpapar Covid-19.

“Kita prioritaskan bagi mereka yang datang dari Gowa ini, contohnya mungkin dari 40 atau 50 orang ini, dihitung dengan keluarganya mungkin jumlahnya mencapai 200 orang. Kita akan kasih mereka paket sembako selama satu bulan, tapi dengan catatan mereka terus dimonitor agar tidak berkeliaran keluar,”  beber dia.

Pemkab juga berencana akan memberikan bantuan berupa uang sebesar Rp 1 juta per KK.
Nantinya uang ini, digunakan sebesar Rp 400 ribu untuk kegiatan usaha, dan sisanya  digunakan sebagai penunjang kebutuhan lainnya.

“Jadi mereka kita harapkan sesedikit mungkin untuk ke luar rumah. Kan alasan mereka keluar rumah kan untuk kerja, kita berikan subsidi ini agar mereka jangan sampai keluar rumah, selama masa isolasi setidaknya satu bulan kedepan,”  harap dia. (URIUTU DJAPER/B-11)

Berita Terbaru