Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bansos Covid-19 BPNT dan PKH Barito Timur Sudah Mulai Disalurkan

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 26 April 2020 - 19:50 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Dalam rangka penanganan dampak Covid-19, Kementerian Sosial RI mulai menyalurkan bantuan sosial atau bansos di Kabupaten Barito Timur. Bansos berupa Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) atau Program Sembako dan Program Keluarga Harapan (PKH) untuk Bulan April 2020.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Barito Timur Rusdiannor melalui Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin Santai Nyawit menjelaskan, BPNT dan PKH adalah program bantuan sosial dari pemerintah yang ditujukan kepada Rumah Tangga Miskin (RTM) yang ada di Kabupaten Barito Timur.

"Kedua program bansos tersebut juga dimaksudkan untuk menanggulangi dampak sosial dari Covid-19 khususnya bagi keluarga miskin," ungkap Santai via pesan WhatsApp, Minggu 26 April 2020.

Lanjutnya, adapun jumlah penerima bansos BPNT untuk Kabupaten Barito Timur berjumlah 3.094 KPM dengan nilai bansos setiap bulan sebesar Rp 200.000 yang dibelanjakan dalam bentuk sembako di agen-agen yang telah ditentukan.

Sedangkan untuk penerima bansos PKH di Kabupaten Barito Timur berjumlah 1.579 KPM yang bansosnya dalam bentuk uang tunai dengan nilai variasi setiap KPM antara Rp 75.000 - Rp 816.000 per bulan.

"Untuk bansos PKH KPM penerima bansosnya melakukan transaksi tunai di agen bank yang telah ditentukan atau bisa juga di ATM, pembagian sudah dimulai minggu ketiga bulan April" imbuh Santai.

Dia menambahkan Kabupaten Barito Timur ada beberapa jenis bansos penanggulangan Covid-19 yang berasal dari Kementerian Sosial yakni BPNT/Program Sembako, PKH dan Bantuan Sosial Tunai (BST).

"Tapi untuk bansos BST masih belum disalurkan karena baru selesai tahap verifikasi oleh Kemensos. Mudahan-mudahan awal Mei nanti bansos BST senilai Rp. 600.000 per KPM selama 3 bulan sudah bisa tersalurkan," lanjutnya.

Dia berharap bansos dari pemerintah tersebut yang akan disalurkan langsung ke KPM dapat membantu perekonomian keluarga yang terkena imbas Covid-19. (BOLE MALO/m) 
 

Berita Terbaru