Jalur Udara Ditutup, Pemeriksaan Swab Pasien Covid-19 Kobar Dialihkan ke Kalsel

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 27 April 2020 - 11:50 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Terkait adanya Permenhub pengendalian transportasi dengan penghentian sementara transportasi udara, pemeriksaan swab pasien Covid-19 RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun, Kabupaten Kobar dialihkan
ke BBTKLPP (Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit) Banjarbaru, Kalimantan Selatan.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kotawaringin Barat Achmad Rois sekaligus Jubir Gugus Tugas Covid-19 Kobar Achmad Rois menyampaikan, sebelumnya pemeriksaan swab sampel pasien Covid-19 dilakukan di BBLK (Balai Besar Laboratorium Kesehatan) Surabaya.

"Tidak beroperasinya penerbangan ke Surabaya, pemeriksaan swab sampel pasien Covid-19 dialihkan ke Banjar Baru," katanya, Senin, 27 April 2020.

Selain itu, langkah tersebut dilakukan karena hingga saat ini Kalimantan Tengah belum memiliki fasilitas laboratorium untuk pemeriksaan swab sampel pasien Covid-19.

Ia menjelaskan, dengan dihentikannya penerbangan tentuntnya berdampak proses pemeriksaan swap sampel. Kendala ini telah disampaikan kepada kepala Dinkes Provinsi Kalimantan Tengah dan telah melakukan koordinasi dengan BBTKLPP Banjarbaru, hasil koordinasi berjalan lancar sesuai harapan.


“Alhmdulillah, BBTKLPP Banjarbaru siap memeriksa sampel yang nantinya akan dikirim oleh Rumah Sakit Sultan Imanuddin Pangkalan Bun, maka kami tinggal meyiapkan sarana dan prasarananya untuk kelancaran pengiriman swab sampelnya," ungkapnya. (DANANG/B-7)
 

Berita Terbaru