Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bangli Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kepala Kemenag Kalteng Ajak Masyarakat Tetap Semangat Menyambut Ramadan

  • Oleh Nopri
  • 27 April 2020 - 12:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Kanwil Kemenag Kalimantan Tengah (Kalteng) H Masrawan mengajak masyarakat untuk tetap semangat menyambut bulan suci Ramadan meskipun di tengah pandemi Covid-19.

"Kita harus tetap semangat mengisi bulan suci Ramadan dengan amaliyah-amaliyah terbaik. Namun kita juga harus disiplin dan mematuhi anjuran pemerintah untuk menjaga jarak atau social dan physical distancing agar kita semua aman," katanya, Senin, 27 April 2020.

Dia menuturkan, walaupun Ramadan tahun ini umat muslim diuji dengan datangnya wabah Covid-19, ia tetap mengajak untuk bersabar dan terus berikhtiar serta berdoa agar wabah ini segera berakhir.

"Mari kita terus jaga kesehatan, jaga kebersihan dan jaga jarak serta jauhi kerumunan. Ini untuk menghindari penularan Covid-19 tersebut. Karena Menteri Agama melalui surat edaran No 6 tahun 2020 sudah mengeluarkan panduan ibadah ramadan dan Idul Fitri di tengah pandemi wabah corona ini," jelasnya.

Sesuai panduan tersebut, umat muslim diminta untuk melaksanakan ibadah ramadan seperti salat tarawih, tadarus di rumah saja tidak perlu ke masjid. Ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya penularan Covid-19 tersebut.

“Anjuran itu sesuai hadist Rasulullah SAW ketika terjadi wabah di suatu negeri, maka kita tidak boleh mencari atau menjemput bahaya dan juga tidak boleh menularkan bahaya itu kepada orang lain," tutupnya. (NOPRI/B-7)

Berita Terbaru