Aplikasi Pilgub (Pemilihan Gubernur) Propinsi Bengkulu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Industri Kelapa Sawit di Kalteng Berjalan Normal Selama Pandemi Covid-19

  • Oleh Hendri
  • 27 April 2020 - 14:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) Cabang Kalteng Dwi Darmawan menyatakan, kondisi industri kelapa sawit di Kalteng masih berjalan normal selama terjadinya bencana non alam pandemi Covid-19.

"Kemarin saya cek tidak ada pabrik kelapa sawit yang tutup. Kita harapkan di Kalteng tidak ada PHK karyawan," katanya, saat dikonfirmasi Senin 27 April 2020.

Begitu juga dengan kondisi petani swadaya yang menjual hasil perkebunannya ke pabrik. Menurutnya saat ini malah harga jual lebih tinggi dari beberapa bulan sebelumnya. Jadi tidak benar jika disebutkan petani swadaya kesulitan menjual ke pabrik.

"Sekarang malah lebih bagus karena harga jual lebih tinggi dari enam atau tujuh bulan lalu yang harganya turun. Kalau sekarang harga jualnya sudah lebih tinggi," tuturnya.

Perusahaan kelapa sawit yang beroperasi di wilayah Kalimantan Tengah, lanjut dia, telah berperan aktif melakukan upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di wilayah operasional dan lingkungan kerjanya.

"Misalnya di desa wilayah perusahaan juga membantu dengan menyemprotkan disinfektan dan juga membagikan masker kepada masyarakat," ucapnya.

"Kita memang harus sama-sama melihat dampak ekonomi ini dengan cara menerapkan kesederhanaan, tapi yang jelas industri ini tetap berjalan normal," pungkasnya. (HENDRI/m)

Berita Terbaru