Aplikasi Pilgub (Pemilihan Gubernur) Propinsi Kepulauan Riau Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pernah Tercatat sebagai Pasien 76 Covid-19, Menteri Budi Karya Kini Sudah Mengikuti Rapat dengan Jokowi

  • Oleh Teras.id
  • 27 April 2020 - 17:50 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi hari ini telah mengikuti rapat kabinet terbatas yang dipimpin Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Rapat ini diikuti Budi Karya setelah dinyatakan sembuh dari Corona.

"Beliau sudah sehat dan sekarang ikut rapat intern kabinet. Ini kami masih rapat intern," kata Menteri Sosial Juliari Batubara saat dihubungi di Jakarta, Senin, 27 April 2020.

Semasa pandemi virus Corona, agenda rapat kabinet terbatas rutin digelar oleh Presiden Jokowi dengan mengggunakan sarana video conference. Rapat diikuti para menteri Kabinet Indonesia maju dari kantor atau rumah masing-masing. 

Juliari menjelaskan, keikutsertaan Budi Karya dalam ratas tersebut adalah untuk yang pertama kali semenjak dinyatakan sakit pada pertengahan Maret 2020 lalu. "Ini rapat yang pertama yang diikuti, semoga beliau sehat terus," ujarnya.

Budi Karya adalah pasien ke-76 Covid-19 di Indonesia. Pengumuman Budi Karya positif Corona disampaikan Menteri Sekretaris Negara Pratikno pada 14 Maret 2020 lalu.

Selama sakit, Budi Karya dirawat di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto. Sebelum dirawat di RSPAD, Budi Karya sempat dirawat di salah satu RS swasta dengan indikasi sakit tifus, namun belum dinyatakan positif Covid-19, setelah melakukan sejumlah kunjungan kerja.

Budi Karya sebelum sakit diketahui melakukan rangkaian kunjungan kerja ke luar kota selama beberapa hari ke Toraja, Luwuk, Wakatobi, Makassar, Parepare, Kertajati dan Indramayu. Ia terakhir terlihat di lingkungan istana kepresidenan saat menghadiri rapat terbatas pada 11 Maret 2020.

Dengan temuan positif itu, Presiden Jokowi dan seluruh Menteri Kabinet Indonesia Maju pun harus menjalani tes Covid-19 di RSPAD. Pada 15 April 2020 lalu, Staf Khusus Menteri Perhubungan Adita Irawati menyatakan Budi Karya sudah pulang dari RSPAD dan kembali ke rumahnya, namun tetap harus melakukan isolasi mandiri selama 14 hari sesuai dengan arahan dokter.

(TERAS.ID)

Berita Terbaru