Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Barru Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Akibat Covid-19, Banyak Proyek Terancam Batal Dilaksanakan Tahun Ini

  • Oleh Norhasanah
  • 27 April 2020 - 19:15 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Dampak dari pandemi Covid-19 membuat beberapa proyek yang direncanakan Pemerintah Kabupaten Sukamara pada tahun ini terancam bantal, mengingat besarnya anggaran yang dialihkan untuk penanganan.

"Banyak kegiatan yang tertunda. Bayangkan saja 50 persen dari belanja barang dan jasa yang dipotong, maka banyak proyek yang tidak jalan," kata Bupati Sukamara, Windu Subagio, Senin, 27 April 2020.

Menurutnya, pada tahun ini, pihaknya hanya akan mempertahankan sejumlah kegiatan yang dianggap dan masuk dalam program prioritas saja, sementara yang lainnya ditunda karena anggaran dialihkan.

"Jadi yang belum masuk prioritas maka kita tunda, karena ini memang keadaan," ujarnya.

Diketahui, sebanyak Rp 26 miliar anggaran yang ada Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perumahan Pemukiman (PUPR-Perkim) Sukamara harus direlokasi untuk penanganan Covid-19 sehingga proses pengerjaan akan terganggu atau mungkin batal.

"Untuk anggaran yang direlokasi, DID ini ada Rp 9 miliar dan DAU sekitar Rp 17 miliar, ini anggarannya diambil dari kegiatan seperti belanja modal, bimtek dan perjalanan dinas," ujar Plt Kepala DPUPR-Perkim Sukamara, Agus Mulyanto.

Untuk Dana Insentif Daerah dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan kesehatan, seperti Alat Pelindung Diri (APD) maupun peralatan lainnya yang dibutuhkan dalam pencegahan dan penanganan Covid-19.

"Sehingga ada Rp 26 miliar anggaran yang ada di kita terpotong untuk covid-19 ini, selain itu DAK juga akan ditarik jika nanti pusat membutuhkan dana untuk penanganan Covid-19 ini," tukas Agus. (NORHASANAH/m)

Berita Terbaru