Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kab. Blitar Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Kotim Harus Surati Seluruh PBS Agar Bantu Perbaikan Jalan Pelosok

  • Oleh Naco
  • 27 April 2020 - 18:40 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Anggota DPRD Kotawaringin Timur Parimus meminta agar Pemkab Kotim bersurat kepada seluruh perusahaan perkebunan di wilayah pelosok. 

Pemkab, kata dia, harus meminta seluruh PBS sesegera mungkin memperbaiki ruas jalan di sekitar usaha perkebunan itu. Saat ini akses jalan di pedalaman semakin rusak parah. 

"Kondisi ini mesti ditangani secara cepat. Jalan dipelosok saat ini terutama sejumlah ruas kondisinya rusak parah. Ini tidak bisa kita menunggu APBD untuk memperbaikinya, baik itu APBD provinsi maupun kabupaten," kata Parimus, di Sampit, Senin, 27 April 2020.

Satu-satunya jalan, kata dia, adalah minta bantu ke pihak ketiga untuk memebantu normalisasi jalan yang jadi bubur itu, dan menghambat aktivitas warga di sana.

Parimus mengakui kondisi hujan seperti saat ini tentunya menyebabkan tanah semakin rusak. Sebab beban yang melintas di atas jalan pelosok melebihi kemampuan jalan, sehingga tidak bisa dihindari lagi kerusakan jalan tersebut.

“Ini juga karena rendahnya kedisiplinan pengguna jalan. Betapa tidak  angkutan CPO yang melintas pelosok ini rata-rata muatan melebihi kemampuan jalan. Bagaimanapun kondisi jalan akan cepat rusak kalau itu terjadi, yang kena imbasnya masyarakat yang pulang pergi bawa hasil pertanian mereka dan kebutuhan pokok," tegas Parimus.

Menurut dia, dengan meminta bantuan pihak ketiga ini setidaknya ruas jalan rusak bisa dilalui dengan cepat. Apalagi untuk angkutan kebutuhan pokok harus menjadi prioritas bisa melintas.

Parimus juga berharap ada keringanan hati dari para pengusaha  perkebunan membantu  perbaikan ruas jalan di sekitar usaha masing-masing.

Di utara Kotim sekitar 65 persen usaha perkebunan ada di sana sehingga sangat beralasan meminta mereka membantu pemerintah dan masyarakat.(NACO/m)

Berita Terbaru