Tiga Startup Inovasi Covid-19 Lolos ke Ajang Internasional

  • Oleh Teras.id
  • 28 April 2020 - 07:00 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Tiga startup atau perusahaan rintisan, MediKatalog, Cook Like A Chef, dan MentorKU, berhasil menjadi pemenang dalam ajang Startup Weekend Indonesia Covid-19 Online. Selanjutnya, ketiganya akan mewakili Indonesia dalam Top 20 Global Winner Startup Weekend dan berkompetisi dengan startup lain di seluruh dunia.
 
“Kami berharap para startup yang lahir dari Startup Weekend Indonesia COVID-19 Online ini bukan hanya melahirkan ide, tetapi bisa segera dijalankan, sehingga dapat memberikan dampak signifikan dan konkrit terhadap masyarakat," ujar Faye Alund, CEO & Co-founder dari KUMPUL dalam keterangan resmi di Jakarta, Senin, 27 April 2020.
 
Startup Weekend Indonesia Covid-19 Online diadakan oleh KUMPUL, penggerak ekosistem startup dan kewirausahaan di Indonesia. Bersama jaringan coworking lokal, mereka mengumpulkan peserta yang dapat menawarkan inovasi dalam mengatasi masalah Covid-19. Acara dilaksanakan selama 54 jam secara online pada 24-26 April 2020. 
 
Menurut Faye, Startup Weekend Indonesia Covid-19 Online ini diikuti oleh 1.490 peserta dari 29 provinsi di seluruh Indonesia. Sehingga, acara online ini merupakan Startup Weekend Covid-19 Online terbesar di Asia Pasifik, dan kedua terbesar seluruh dunia.
 
Adapun inovasi yang dilahirkan ketiga startup yaitu sebagai berikut. Juara satu yaitu MediKatalog, sebuah platform marketplace alat-alat medis dan obat-obatan yang diinisiasi oleh Azhar Rafiq. 

 
Juara dua yaitu Cook Like A Chef,  sebuah platform solusi untuk memasak lengkap dengan resep yang terverifikasi dan jasa pengiriman bahan masakan yang diinisiasi oleh Raynald Yudistira. Juara tiga yaitu MentorKU, platform edukasi interaktif penyedia jasa mentoring dan konsultasi karir, yang diinisiasi oleh Jesha Vebrattie.
 
Sementara itu, Azhar Rafiq mengatakan startup yang didirikannya beroperasi sebagai platform jual beli dan inventori stok otomatis APD Rumah Sakit. Ia berharap MediKatalog dapat membantu kestabilan stok APD dari produksi hingga digunakan tenaga medis.
 
Sehingga bisa membantu memutus rantai Covid-19 dan melindungi tenaga medis dan masyarakat di Indonesia. “Kemenangan ini saya kira merupakan bonus dan anugerah di awal bulan suci Ramadhan bagi saya,” kata Azhar. (TERAS.ID)

Berita Terbaru