Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Buru Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sejumlah Kawasan di Kota Muara Teweh Mulai Terendam Banjir

  • Oleh Ramadani
  • 28 April 2020 - 18:41 WIB

BORNEONEWS, Muar Teweh - Meningkatnya debit air Sungai Barito dengan begitu cepat membuat sejumlah kawasan rendah di wilayah kota Muara Teweh, Kabupaten Barito Utara mulai terendam banjir.

Selain itu ada beberapa jalan yang memang berada di kawasan rendah seperti Jalan Imam Bonjol, Jalan Merak sudah mulai tergenang banjir dengan ketinggian 10-20 senti meter.

Andi, warga Muara Teweh mengatakan air begitu cepat naik, sehingga dalam beberapa jam sudah menggenangi jalan yang berada di dataran rendah seperti di Jalan Merak, Jalan Imam Bonjol dan Gang Paraguay.

“Pagi tadi di Jalan Merak belum ada air di jalan, namun sejak pukul 12.00 WIB air sudah menggenangi Jalan Merak ini. Saat ini air dengan perlahan masih menandakan debit air tetap naik. Air begitu cepat naiknya,” kata Andi, Selasa 28 April 2020.

Dikatakan, bila di wilayah hulu Barito atau di wilayah Kabupaten Murung Raya banjir, maka dipastikan wilayah Kabupaten Barito Utara yang berada di wilayah hilir akan kena dampaknya juga dilanda banjir.

“Kemungkinan banjir akan terus naik, karena hujan yang terus melanda Kabupaten Barito Utara dan air kiriman dari Kabupaten Murung Raya,” ungkapnya.

Dia mengharapkan masyarakat yang tinggal di kawasan rendah agar dapat lebih waspada dan berhai-hati. Dia juga mengharapkan air cepat surut, sehingga aktivitas dapat kembali seperti biasanya.

“Apalagi ini momen bulan Ramadan ini tentunya banjir sangat tidak dikehendaki oleh warga,” terangnya. (RAMADHANI/B-6)

Berita Terbaru