Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Soppeng Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Cara Guru Atasi Masalah Internet Murid Saat Belajar dari Rumah

  • Oleh Teras.id
  • 29 April 2020 - 09:30 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Seorang guru di SD Negeri Menteng Dalam 11, Tebet, Jakarta Selatan, Erni Ritaningsing (49) memiliki strategi khusus untuk membantu murid-muridnya yang kesulitan belajar dari rumah karena terkendala kuota internet.

Erni mengatakan, dirinya proaktif menghubungi siswa dan orang tua siswa secara personal. Ia kemudian memberikan arahan serta pendampingan agar siswa tetap bisa mengikuti pelajaran tanpa harus mengikuti kelas daring.

"Saya proaktif menyapa anak-anak, karena tidak mungkin untuk mendatangi rumah mereka. Jadi saya lakukan telepon video kepada orang tua, lalu menyapa anaknya, menanyakan kendalanya apa," kata dia, Selasa, 28 April 2020.

Setelah itu, ia memberi arahan agar tetap bisa belajar di rumah dengan membuat soal yang dia kirimkan.

Erni merupakan guru Kelas III di SD Negeri Menteng Dalam 11. Total ada 30 murid yang diasuhnya. Pembelajaran jarak jauh atau secara daring telah dimulai sejak 17 Maret 2020.

Murid-murid belajar dari rumah, kegiatan belajar-mengajar dari rumah dilakukan melalui aplikasi. Kelas dimulai dari pukul 09.00 WIB sampai dengan 11.00 WIB. Setelah memberikan arahan, guru akan memberikan latihan untuk dikerjakan oleh siswa.

Menurut Erni, siswa yang mengikuti kelas melalui zoom akan dihitung sebagai absensi atau kehadiran. Pada pekan pertama hingga pekan kedua, seluruh siswa mampu mengikuti kegiatan belajar mengajar dari rumah melalui aplikasi itu.

"Tapi sejak dua pekan ini, ada beberapa orang tua yang mengeluh mereka tidak bisa mengikuti kelas karena kendala kuota internet," kata Erni.

Erni menyebutkan, beragam alasan yang disampaikan oleh orang tua. Ada yang kesulitan membeli kuota karena suaminya sudah tidak bekerja lagi.

Ada juga yang orang tuanya bekerja sebagai pengemudi ojek daring. Mereka kesulitan mendapatkan setoran karena adanya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Berita Terbaru