Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Karimun Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Masyarakat Diminta Bijak Pilah Informasi Soal Covid-19 Sesuai Kemampuan Mentalnya

  • Oleh Testi Priscilla
  • 29 April 2020 - 21:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Tenaga Psikolog Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kota Palangka Raya, Kila Lavina meminta masyarakat untuk bijak dalam menyerap informasi penting soal Covid-19 jangan sampai menjadi bumerang bagi mental masing-masing pribadi.

"Kita harus bijak dalam menyaring informasi yang ingin didapatkan, terutama dalam masa pandemi Covid-19 ini," kata Kila kepada Borneonews pada Rabu, 29 April 2020.

Masyarakat menurut Kila harus berani memilih untuk cukup mengetahui informasi yang membahagiakan saja jika memang mentalnya tidak kuat menerima kabar-kabar duka.

"Harus bijak mengetahui informasi terbaru itu. Kalau menerima informasi seperti penambahan pasien positif Covid-19, atau ada pasien positif yang meninggal malah menjadikan mental down, maka lebih baik masyarakat menghindarinya," katanya.

Untuk menambah rasa optimistis, lanjut Kila, perbanyak pula informasi mengenai kesembuhan pasien, tips dan trik agar terhindar dari Covid-19 dan sebagainya.

"Kita harus tetap berpikir positif dan optimis saat ini. Masyarakat harus mencoba untuk mengubah pemikiran dari yang suka melihat informasi pasien yang sudah positif dan banyak ODP atau PDP, lebih baik melihat informasi yang telah sembuh, pantau yang sembuh terus. Karena dengan masih ada yang sembuh berarti optimis selalu ada," tegasnya. (TESTI PRISCILLA/B-5)

Berita Terbaru