Aplikasi Pilgub (Pemilihan Gubernur) Propinsi Bengkulu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Akibat Covid, 80 Persen Nelayan di Kecamatan Pantai Lunci Terdampak

  • Oleh Norhasanah
  • 29 April 2020 - 20:45 WIB

BORNEOMEWS, Sukamara - Akibat pandemi corona vurus disease atau covid-19 membuat 80 persen nelayan di Kecamatan Pantai Lunci, Kabupaten Sukamara merasakan dampaknya.

"Warga kita di Pantai Lunci mayoritas pekerjaannya adalah nelayan, kurang lebih sekitar 80 persen," ucap Camat Pantai Lunci, M Yunus, Rabu, 29 April 2020.

Menurutnya, masuknya covid-19 di Indonesia, membuat nelayan diwilayah tersebut mengalami kesulitan dalam menjualkan hasil tangkapannya, sehingga aktivitas melaut tidak seperti biasanya.

"Terutama ini bagi nelayan rajungan dan udang, karena yang menampung dan menerima ini sudah tidak seperti biasanya, bahkan terakhir ini saya dengar mereka sudah tidak menerma sama sekali hasil tangkap nelayan," ujarnya.

Karena hal tersebut, membuat para nelayan kesulitan untuk memasarkan hasil tangkapnya, sehingga berimbas terhadap penghasilan nelayan yang semakin merosot.

"Kalaupun ada warga kita yang melaut, itu hanya sebatas untuk kebutuhan lokal, untuk kebutuhan sehari-hari," ungkapnya.

"Secara umum, covid-19 memberikan dampak terhadap pekerjaan dan mata pencaharian para nelayan, mudah-mudahan dengan BLT-DD masyarakat bisa sedikit terbantu," harapnya.

Akibat wabah tersebut, diperkirakan 1.188 KK di wilayah Kecamatan Pantai Lunci akan menerima bantuan langsung tunai dana desa, dimana batuan sudah mulai disalurkan. (NORHASANAH/B-5)

Berita Terbaru