Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sorong Selatan Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Varietas Padi Yang Biasa Ditanam Petani Katingan Kuala

  • Oleh Abdul Gofur
  • 30 April 2020 - 10:00 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Para petani di wilayah Kecamatan Katingan Kuala Kabupaten Katingan saat ini mulai menanam padi. Vaietas padi yang biasa ditanam petani di wilayah ini, yakni impari 32, impari 42, hibrida, melati dan maraton.

Camat Katingan Kuala, H Surianto pada Kamis, 30 April 2020 mengakui jika selama ini petani di daerahnya menanam beberapa varietas padi tersebut. Sebab varietas itu diyakini tahan terhadap penyakit dan mampu produksi maksimal.

Dia menuturkan, areal lahan untuk ditanami padi saat ini lebih dari 5.000 hektar yang tersebar di beberapa desa. Di antaranya Subur Indah, Bumi Subur, Makmur Utama, Singam Raya, Jaya Makmur dan Makmur Utama.

Untuk musim tanam April - September atau Asep 2020 ini, lanjutnya, areal sawah petani di wilayahnya yang sudah ditanami padi yakni sekitar 25 persen.

Bahkan beberapa petani ada yang telah melakukan pemupukan pertama umur 15 dan 20 hari. Sistem penanaman padi petani di Katingan Kuala biasanya menggunakan tanam pindah atau Tapin dan tabur benih langsung atau Tabela.

H Surianto berharap masalah pupuk di daerahnya untuk musim tanam Asep ini nantinya bisa lancar alias tidak ada mengalami kelangkaan. Selama ini, wilayah Katingan Kuala merupakan daerah penghasil padi terbesar di Kabupaten Katingan. Pihaknya berharap produksi padi untuk musim tanam Asep dapat lebih meningkat dibanding sebelumnya.

"Dalam setahun petani di wilayah kita panen padi dua kali, nanti setelah musim tanam Asep ada musim tanam Oktober-Maret atau Okmar," tutur Camat Katingan Kuala. (ABDUL GOFUR/B-7)

Berita Terbaru