Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Banjar Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Hendra Lesmana Resmikan Pasar Sembako Murah di SematuJaya

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 30 April 2020 - 12:10 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Bupati Lamandau H Hendra Lesmana meresmikan program operasi pasar dalam bentuk pasar sembako murah Pemerintah Kabupaten Lamandau untuk Kecamatan Sematu Jaya.

Peresmian pasar sembako murah untuk Kecamatan Sematu Jaya itu ditandai rilis program yang dipusatkan di Desa Rimba Jaya, Kecamatan Sematu Jaya, Kamis 30 April 2020. Hadir sejumlah pejabat Pemkab Lamandau mulai dari Pj Sekda, Dandim, dan kepala OPD terkait.

Rilis program pasar sembako murah juga ditandai dengan dimulainya transaksi jual-beli antara pembeli dengan pihak penyedia barang yang telah ditunjuk oleh pemerintah kecamatan dan desa setempat. Serta penyerahan sembako secara simbolik oleh Bupati Lamandau kepadaseorang warga setempat. 

Di sela kegiatan, Bupati Hendra Lesmana berharap agar program pasar sembako murah yang digulirkan Pemkab Lamandau dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sebaik mungkin. Menurutnya, program itu sebagai bentuk dukungan ketahanan sosial ekonomi dari Pemkab Lamandau di tengah wabah Covid-19 saat ini. 

"Sebelumnya dua kecamatan yaitu Menthobi Raya dan Delang, hari ini giliran Sematu Jaya yang programnya kita resmikan untuk dimulai," kata Bupati Hendra Lesmana di toko milik warga setempat.

Dia berharap, program sembako murah tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik, sehingga dapat meringankan beban ekonomi di tengah pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini. 

Program pasar sembako murah Pemkab Lamandau yang digulirkan juga merupakan upaya Pemkab Lamandau dalam menjaga stabilitas daya beli dan inflasi dampak dari wabah corona yang terjadi.

Pada program pasar sembako murah ini, pemkab menyediakan 30 ribu paket sembako untuk semua daerah di Kabupaten Lamandau. Adapun Kecamatan Sematu Jaya mendapatkan kuota paket sembako sebanyak 3.544 paket, atau 80 persen dari jumlah total kepala keluarga (KK) di Sematu Jaya yang saat ini berjumlah 4.430 KK. 

Setiap paket sembako berisi beras 10 kilogram, minyak goreng dua liter, mie instan satu dus serta ikan kaleng atau sarden 465 gram. Setiap kepala keluarga pemilik kupon berhak membeli satu paket sembako dengan harga Rp125 ribu. Harga tersebut menjadi sangat miring jika dibanding harga normal karena sesanya telah disubsidi pemerintah daerah. 
(HENDI NURFALAH/m)

Berita Terbaru