Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Poso Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sungai Katingan Meluap Dimanfaatkan Warga untuk Cari Ikan

  • Oleh Abdul Gofur
  • 30 April 2020 - 20:21 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Dampak Sungai Katingan wilayah Kasongan, Kecamatan Katingan Hilir yang meluap sejak 3 hari ini dimanfaatkan sebagian warga untuk mencari ikan, Kamis, 30 April 2020.

Selain di Jalan Tjilik Riwut Km 3 Kasongan arah Kereng Pangi, warga juga ramai-ramai menangkap ikan di dekat gorong-gorong Jalan Bukit Raya RT 13, Kelurahan Kasongan Lama, Kecamatan Katingan Hilir.

Pasalnya, saluran air yang menghubungkan Sungai Katingan di sekitar gorong-gorong ini meluap hingga menggenangi areal lahan sekitar.

Kondisi ini dimanfaatkan warga mencari ikan. Selain dengan memancing, warga juga memasang alat jebak ikan seperti tampirai, buwu, pangilar dan renggek. 

Menurut Rusmini (52) seorang warga saat mencari ikan di RT 13 Kelurahan Kasongan Lama, aktivitas mencari ikan ini memang digeluti sudah sejak lama. Pasalnya, ia tidak memiliki pekerjaan lain selain mencari ikan.

Namun alat tangkap ikan berupa tampirai baru beberapa hari ini mendapat tangkapan lumayan banyak dibandingkan sebelumnya.

"Kalau musim banjir seperti ini tampirai yang kita pasang dapatnya lumayan, kalau saat air surut dapatnya sedikit," katanya.

Selain ikan jenis sepat, tampirai miliknya yang dipasang juga dimasuki ikan jenis lain, seperti papuyu, kapar, dan lele, namun alat tangkapnya selama ini banyak mendapat ikan jenis kapar dan sepat.

Rusmini mengaku memiliki 15 buah tampirai yang ia pasang di rawa-rawa yang debit airnya meninggi.

Selain untuk dikonsumsi sendiri, ikan hasil tangkapannya juga dijual kepada pengepul dengan harga Rp 20 ribu per kilog ram untuk semua jenis ikan.

"Mudah-mudahan kondisi air di sini besok-besok masih bertahan, sehingga alat jebak kami bisa kembali dapat ikan," imbuhnya. (ABDUL GOFUR/B-6)

Berita Terbaru