Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sijunjung Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

ABG Memerlukan Perhatian Serius dari Orangtua

  • Oleh Muhammad Badarudin
  • 30 April 2020 - 21:50 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Anak Baru Gede atau ABG yang baru-baru menginjak usia remaja sangat memerlukan perhatian serius dari orangtua. Karena ABG sejatinya akan mencari jati dirinya. 

Sehingga jika salah pergaulan, maka dampaknya juga sangat berbahaya bagi anak yang bersangkutan. Demikian dikatakan kepala BP3AP2KB Kabupaten Pulang Pisau, dr Bawa Budi Raharja. 

Bawa mengatakan, saat anak sedang mencari jati dirinya ini sangat penting peran orang tua untuk mengawasi. Agar, jangan sampai anak ini salah jalan karena pergaulannya. 

"Anak yang baru menginjak usia remaja itu jiwanya sedang menggebu-gebu. Dia biasanya ingin melakukan sesuatu hal yang tidak biasa agar dianggap keren dan sebagainya," kata Bawa, Kamis, 30 April 2020. 

Ia menambahkan, orang tua tentu jangan egois sibuk dengan pekerjaannya sendiri. Sehingga melupakan anaknya yang sedang tumbuh remaja. 

"Anak yang menginjak usia remaja ini jangan dilepas tanpa ada pengawasan yang ketat. Mereka harus diawasi, dijaga dan diarahkan melalui pendekatan yang santun dan bukan dengan cara kekerasan," ucap dia. 

Bawa menyebutkan, biasanya usia remaja ini sangat mudah terpengaruh. Lingkungan keluarga dan pergaulan anak yang menginjak usia remaja ini sangat berpengaruh terhadap pembentukan karakter yang bersangkutan. 

"Karena itu jangan abaikan pertumbuhan anak ini. Jangan bosan memberikan nasehat dan pemahaman kepada mereka. Bentengi mereka sejak usia remaja agar pengaruh-pengaruh buruk tak mudah menembus sikap mereka," tandasnya. (M.BADARUDIN/B-5)

Berita Terbaru