Bupati Murung Raya Ingatkan Masyarakat Berhati-hati terhadap OTG tak Jujur

  • Oleh Syahriansyah
  • 01 Mei 2020 - 21:10 WIB

BORNEONEWS, Puruk Cahu - Ketua gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Kabupaten Murung Raya (Mura) yang juga Bupati Murung Raya Pedie M. Yoseph ingatkan masyarakat agar waspada terhadap warga yang berstatus orang tanpa gejala (OTG) yang tidak memiliki kejujuran.

Pasalnya bagi warga yang belum terdata namun pernah kontak dengan pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 akan tetapi dirinya tidak jujur karena merasakan tanpa adanya gejala akan sangat merugikan masyarakat sekitar.

"Bisa saja mereka sudah terpapar, tapi mereka tidak mengalami gejala sehingga takut menyatakan dirinya pernah kontak untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, namun mereka bisa melakukan penularan kesejumlah masyarakat lainnya,"terang Perdie yang juga Bupati Mura.

OTG sendiri dijelaskannya tidak semua bisa dinyatakan terpapar apabila belum adanya pemeriksaan lebih lanjut, akan tetapi bila OTG yang memiliki daya tahan tubuh baik ketika melakukan penularan terhadap orang yang memiliki daya tahan tubuh kurang baik maka gejala akan lansung muncul.

Maka dari itu, dengan adanya tracking yang dilakukan gugus tugas harus benar-benar mendapat dukungan dari seluruh lapisan masyarakat terutama bagi yang merasa pernah kontak dengan pasien positif Covid-19.

"Saya sudah berulang kali sampaikan kejujuran masyarakat dan mengakui dirinya pernah kontak yang menjadi landasan penting suksesnya strategi tracking yang dilakukan gugus tugas agar masyarakat yang belum tertular bisa merasakan aman dan tenang," tutupnya. (RIANSYAH/B-5)

Berita Terbaru