Isi Materi 11 Video Pelatihan Jurnalistik Online di Ruangguru

  • Oleh Teras.id
  • 01 Mei 2020 - 21:20 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Kelas pelatihan jurnalistik di platform Skill Academy by Ruangguru menjadi salah satu modul yang masuk dalam program Prakerja. Masyarakat hanya perlu membayar sebesar Rp 220 ribu untuk menikmati 11 video pelatihan, satu dokumen ringkasan materi, ujian dan sertifikat.

Tempo pun menjajal kelas pelatihan ini. Lantaran tak memiliki kartu prakerja, maka uang sebesar Rp 220 ribu itu dibayarkan melalui m-banking.

Setelah pembayaran disetujui, kita akan langsung masuk ke halaman kelas. Di laman web, 11 video berisikan tema yang beragam seperti materi dasar jurnalistik, jenjang karir jurnalistik, cara menulis berita untuk media cetak, media online, televisi, serta radio, hingga kode etik jurnalistik.

Sedangkan untuk pengajar, Ruangguru mempercayakan Prita Kusumaputri sebagai dosen. Prita sendiri merupakan jurnalis koresponden di Deutsche Welle Indonesia. Ia pernah berkarir di NET TV dan MRA Media Group.

Sebagai pembuka, di video 1 yakni materi dasar jurnalistik, masyarakat dikenalkan apa itu jurnalistik dan media massa, serta apa fungsi pers dan bagaimana cara bekerja seorang jurnalis.

Selanjutnya, Pitra memaparkan ihwal jenjang karir di dunia jurnalistik di video 2. Lalu, di video 3, peserta diajarkan agar bisa memahami jenis, unsur, dan struktur berita. Prita menjelaskan bahwa berita harus memiliki unsur nilai berita agar dianggap layak terbit. "Lalu berdasarkan jenisnya, berita terbagi menjadi tiga yaitu straight news, soft news, dan feature," ucap dia dalam video.

Kemudian di video selanjutnya, Prita menjelaskan ihwal memahami bahasa jurnalistik. "Ada tiga prinsip bahasa jurnalistik, yakni hemat kata, tepat makna, dan menarik," kata dia.

Sementara di video 5, Prita memaparkan proses produksi berita, yakni rapat redaksi, reportase, menulis laporan, editing, dan layout. Ia juga menyebut pentingnya membuat TOR (term of reference) bagi seorang jurnalis sebelum melakukan peliputan.

Berikutnya, Prita juga memberikan tips bagaimana mewawancarai narasumber. Tips dan trik itu ia ajarkan di video 6. "Perlu diingat bahwa tugas wartawan untuk menggali informasi, bukan untuk menggurui narasumber," kata dia.

Lalu di video 7-10, Prita mengenalkan teknik penulisan berita di media massa (media cetak, tv, radio dan media online) dengan masing-masingnya dibahas dalam satu video berbeda.

Berita Terbaru