Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sambas Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

ODP Covid-19 di Pulang Pisau Terus Berkurang

  • Oleh James Donny
  • 03 Mei 2020 - 21:40 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Jumlah orang dalam pemantauan atau ODP Covid-19 di Kabupaten Pulang Pisau terus berkurang. "Ini menjadi pertanda baik dan menjadi optimisme kita," kata Juru Bicara Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Pulang Pisau, Muliyanto Budihardjo, Minggu, 3 Mei 2020.

Muliyanto menuturkan, kondisi Kabupaten Pulang Pisau menghadapi Covid-19 berjalan stabil dan ODP cenderung menurun. 

"Hari ini ODP berkurang 3 orang lagi. Hal ini dikarenakan 3 orang tersebut telah selesai masa pemantauannya, sehingga ODP hari ini tersisa 2 orang dari sebelumnya berjumlah 5 orang," terang pria yang menjabat Kepala Dinas Kesehatan Pulang Pisau ini pada Rapat Analisa dan Evaluasi di Posko Gugus Tugas Covid-19, Gedung PSC 119 Pulang Pisau. 

Dia mengatakan, 3 orang ODP yang telah selesai masa pemantauan tersebut berasal dari Kelurahan Pulang Pisau. “Tentu ini menjadi kabar baik dalam penanganan covid-19 di tempat kita, karena sudah lebih dari seminggu ini ODP kita cenderung berkurang. Saat ini ODP kita 2 orang. Selain ODP yang cenderung menurun, ada juga 1 orang pasien positif Covid-19 yang juga telah sembuh," ungkapnya. 

Dia berharap, dengan sinergi dan kerja sama semua pihak, pandemi Covid-19 bisa segera berakhir. 

Sementara itu, berdasarkan data di Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Pulang Pisau, pada Senin 20 April 2020 yang lalu ODP berjumlah 10 orang. Kemudian hari ini, Minggu 3 Mei 2020 jumlah ODP tinggal 2 orang. Jadi, sudah 2 minggu terakhir ODP di Kabupaten Pulang Pisau tidak bertambah dan bahkan cenderung berkurang.

Menurutnya, kalaupun ada OTG atau orang tanpa gejala bertambah, itu hal yang wajar dalam situasi pandemi covid-19 seperti saat ini. "Seperti diketahui, bahwa OTG ini merupakan orang yang tidak bergejala dan memiliki resiko tertular dari orang positif covid- 19 yang dikarenakan baru datang dari wilayah terjangkit corona virus, atau orang yang ada kontak erat dengan kasus positif covid-19," bebernya. 

Hari ini, tambah dia, ada penambahan OTG sebanyak 2 orang. Sehingga total OTG menjadi 102 orang. Sedangkan jumlah OTG yang selesai pemantauan ada 26 orang. Penambahan OTG tersebut berasal dari Kecamatan Kahayan Hilir, yakni Kelurahan Pulang Pisau 1 orang dan Desa Mentaren II 1 orang. (JAMES DONNY/B-7)

Berita Terbaru