Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Barito Timur Beli Rontgen untuk Tangani Covid-19

  • Oleh Prasojo Eko Aprianto
  • 04 Mei 2020 - 12:40 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Timur Guna mendukung kinerja Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease atau COVID-19 Pemkab Timur akan mengadakan pengadaan satu unit alat rontgen untuk penanganan COVID-19.

"Alat rontgen yang ada sudah tidak bisa difungsionalkan. Sementara dalam penanganan COVID-19, khususnya untuk merujuk pasien diwajibkan ada hasil rekm medis atau rontgen," ucap Bupati Bartim Ampera AY Mebas melalui Sekretaris Eskop, Senin 4 Mei 2020.

Menurutnya, dana untuk pengadaan satu unit rontgen sebesar Rp400 juta yang bersumber dari Dana Anggaran Khusus (DAK) 2020. Rontgen akan digunakan dalam penanganan COVID-19 pada RSUD Tamiang Layang.

Dengan adanya alat rontgen, maka penanganan COVID-19 pada RSUD Tamiang Layang bisa maksimal, serta mengetahui diagnosa dan rekam medis awal pasien.

Dengan adanya diagnosa dan rekam medis akan mempermudah dan mempercepat penanganan pasien yang terpapar COVID-19. Alat rontgen juga nantinya bisa dimanfaatkan untuk penanganan pasien umum.


"Sudah empat bulan kita tidak memiliki alat rontgen dalam penangann COVID-19 pada RSUD Tamiang Layang," kata Eskop.

Kordinator Bidang Penanganan dr Jimmi WS Hutagalung mengatakan, proses pengadaan saat sedang dalam tahapan pemesanan.

"Sudah kita klik. Sifatnya masih inden, karena rumah sakit se-Indonesia juga memerlukan rontgen untuk penanganan COVID-19 di daerah masing-masing," kata Jimmi.

Menurutnya, alat rontgen yang sudah dipesan tersebut diperkirakan tiba sekitar 30 hari kedepan atau pada awal Juli 2020 nanti.

Alat rontgen sebelumnya tidak bisa difungsionalkan karena rusak. Sedangkan untuk biaya perbaikan dan perawatannya lebih mahal dari pengadaan baru. (PRASOJO/B-5)

Berita Terbaru