Penerimaan Peserta Didik Baru Madrasah Dilakukan Sistem Daring

  • Oleh Nopri
  • 05 Mei 2020 - 18:35 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun ajaran 2020/2021 Madrasah di Kalimantan Tengah dilakukan dengan sistem daring.

Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 3 Kota Palangka Raya, salah satunya. Proses pendaftaran dilakukan melalui website. Masing-masing pendaftar mengunggah dokumen yang diperlukan. Pengumuman hasil penerimaannya juga diunggah di website tersebut.

"Memang betul, madrasah melakukan penyesuaian PPDB karena pandemi Covid-19," kata, Kasubbag Umum dan Humas Kanwil Kemenag Kalimantan Tengah, Gondo Utomo, Selasa, 5 Mei 2020.

Sementara di Madrasah lain, seperti MTsN 1 dan MAN 1 Pulang Pisau, PPDB dilakukan melalui dua cara, yakni daring dan manual. Jika terdapat masyarakat yang kesulitan mengakses pendaftaran secara daring, panitia melayani pendaftaran manual.

Pada PPDB manual, panitia di MTsN 1 Pulang Pisau telah mengkondisikan pendaftar untuk mengikuti sejumlah protokol kesehatan, seperti menjaga jarak minimal 1 meter dan mengenakan masker.


Sedangkan di MAN 1 Murung Raya, selain menggunakan website, PPDB juga bisa dilakukan melalui aplikasi percakapan WhatsApp. Panitia sendiri telah menyiapkan tautan bagi calon siswa baru untuk diisi.

"Namun jika pendaftar mengalami kesulitan, madrasah di sana juga melayani pendaftaran melalui WA dengan mengirimkan data pendaftar sesuai formulir pendaftaran," jelasnya.

"Semua penyesuaian itu dilakukan demi memutus mata rantai penyebaran Covid-19," tutupnya. (NOPRI/B-7)

Berita Terbaru