Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sabu Raijua Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ketua DPRD: Legislatif dan Eksekutif akan Duduk Bersama

  • Oleh Naco
  • 05 Mei 2020 - 17:40 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Ketua DPRD Kotawaringin Timur, Rinie A Gagah angkat bicara menyikapi polemik mengenai realokasi anggaran dengan eksekutif. Menurutnya, DPRD bersama dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) dalam waktu dekat dijadwalkan akan duduk bersama. 

Rinie mengakui ada perbedaan persepsi dan misskomunikasi yang harus diselaraskan dalam rapat antara DPRD dan Pemkab Kotim nantinya.

“Dalam waktu dekat ini kami akan rapat. Eksekutif dan legislatif merupakan mitra sehingga segala sesuatu memang harus dibicarakan bersama," kata Rinie, Selasa, 5 Mei 2020.

Rinie menyebutkan, dinamika yang terjadi dalam sebuah roda pemerintahan merupakan hal yang biasa. Legislatif dan eksekutif bagaikan sebuah rumah tangga. Kedua pihak sama-sama melaksanakan tugas dan fungsinya. 

Rinie juga mengakui penjadwalan pertemuan kedua lembaga itu masih menunggu konfirmasi dari pihak eksekutif. Pasalnya, saat ini kepala daerah bersama dengan tim tengah berjuang menyusun dan merasionalisasikan anggaran. 

“Kami sangat memahami ditengah kondidi wabah seperti ini tentunya tidak mudah. Di satu sisi dituntut untuk melakukan realokasi anggaran agar bisa disampaikan ke pemerintah pusat. Makanya kami masih menunggu konfirmasi dari mereka,“ tukas Rinie.

Menurutnya, dengan kondisi wabah yang tak kunjung usai ini maka banyak hal yang akan mereka bicarakan bersama dengan jajaran eksekutif. 

Sementara itu, Ketua Fraksi Nasdem DPRD Kotim, Syahbana mendukung agar penjadwalan pertemuan itu dilakukan. Hal ini untuk menyelesaikan segala persoalan dan misskomunikasi yang ada.

“Nasdem mendukung itu, karena pada dasarnya kita ini tujuannya untuk menghadapi wabah bencana Covid-19 ini. Sehingga perlu pemikiran yang tepat dan tajam untuk penanganan  hingga penyelesaian, kita sudahi polemik ini," kata Syahbana.

Senada juga diungkapkan Sekretaris Fraksi Gerindra, Juliansyah. Perang opini antara DPRD dan eksekutif memang harus diakhiri. 

"Sekarang kita mesti fokus penanganan untuk dampaknya ini. Jangan sampai kita habis energi untuk  hal-hal yang kurang tepat, kami sepakat jika kita duduk bersama," tegas Juliansyah. (NACO/B-11)

Berita Terbaru