Kios Habaring Hurung Polres Kotawaringin Timur Diserbu Warga

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 05 Mei 2020 - 21:10 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Inovasi Polres Kotawaringin Timur berupa Kios Habaring Hurung di Taman Kota Sampit menarik antusias warga. Di kios yang membagikan makanan berbuka puasa untuk masyarakat tidak mampu itu dinilai bermanfaat. 

Seperti yang terlihat pada Selasa, 5 Mei 2020 sore, hanya dalam hitungan menit takjil dan makanan berbuka puasa yang disajikan sudah ludes dibagikan warga. Pembagiannya pun menerapkan protokol pencegahan covid-19.

"Kami ambil nama Habaring Hurung karena falsafah ini menjadi semboyan hidup yang melekat bagi masyarakat Kotawaringin Timur. Melalui ini juga kami menginisiasi gerakan Hadir Berbagi Sayang, Hadir Untuk yang Tersayang," kata Kapolres Kotim, AKBP Mohammad Rommel.

Rommel menjelaskan Kios Habaring Hurung untuk menyalurkan bantuan kepada masyarakat yang tidak mampu dan kesulitan mencari makanan berbuka puasa. Dan bantuan tidak hanya dari Polres Kotim, masyarakat pun bisa menyalurkan bantuan dari situ.

"Melalui gerakan ini kami menggugah serta mengarahkan rasa toleransi, kebersamaan, serta kepedulian masyarakat Kotim. Ini kami rasakan sudah cukup besar ke dalam suatu gerakan berbagi," kata dia.

"Masyarakat bisa menyalurkan bantuan berapapun jumlahnya sepanjang berbentuk makanan siap saji yang bisa diletakkan di kios. Bahkan, masyarakat juga bisa menghubungi Polres Kotim untuk kemudian dilakukan penjemputan bantuan tersebut," imbuh Rommel. 

Kios Habaring Hurung juga menjadi tempat bagi masyarakat yang membutuhkan bisa mengambil makanan di kios tersebut secara gratis.

"Kios ini akan dibuka sampai pukul 16.00 WIB setiap harinya. Satuan fungsi kita kerahkan untuk melaksanakan itu, bergiliran setiap harinya. Setelah itu, kalau bantuan masih tersisa akan kita salurkan ke masyarakat door to door," kata dia.

Sementara itu, Kasat Lantas Polres Kotawaringin Timur, AKP Johari Fitri Casdy mengatakan hari ini menjadi tugas mereka menyediakan bantuan. 

"Ada 220 bungkus makanan berbuka puasa dan takjil yang kita sediakan. Pembagian juga menerapkan protokol kesehatan pencegahan covid-19 yakni physical distancing," katanya. (MUHAMMAD HAMIM/B-11)

Berita Terbaru