Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Halmahera Barat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Rencananya Hari Ini Tenaga Medis Puskesmas Madurejo Diambil Sampel Swab

  • Oleh Wahyu Krida
  • 06 Mei 2020 - 08:51 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Rencananya Rabu, 6 April 2020 tenaga medis dari Puskesmas Madurejo menjalani pengambilan swab di RSUD Sultan Imanuddin (RSSI) Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar).

Juru Bicara (jubir) Tim Gugus Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Kobar Achmad Rois menjelaskan sekitar 50 tenaga kesehatan yang bertugas di Puskesmas Madurejo yang rencananya hari ini diambil swab.

"Berdasarkan laporan yang masuk kepada kami, penyebab dihentikan sementara beroperasinya Puskesmas Madurejo selama 14 hari, mulai tanggal 5 hingga 19 Mei 2020, disebabkan oleh 2 hal yang membuat mereka dikategorikan senagai Orang Dalam Pemantauan (OPD)," jelas Achmad Rois.

Dua hal tersebut, menurut Achmad Rois,  lantaran adanya tenaga kesehatan yang memeriksa seorang pasien yang ternyata kemudian positif covid-19 terkonfirmasi.

"Penyebab lainnya adalah adanya tenaga medis yang memiliki kontak erat atau ada hubungan keluarga dengan pasien positif covid-19," jelas Achmad Rois.

Menurut Achmad Rois, sebagai bentuk antisipasi dan mencegah adanya pemyebaran covid-19 melalui puskesmas, maka seluruh tenaga kesehatan yang bertugas di Puskesmas Madurejo dengan kesadaran sendiri melakukan karantina mandiri di rumah.

"Rencananya sore hari ini, Rabu, 6 Mei 2020 bakal dilakukan pengambilan swab untuk diperiksakan ke laboratorium Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Banjarbaru, Kalimantan Selatan (Kalsel). Semoga hasilnya nanti semuanya negatif. Amin," jelas Achmad Rois. (WAHYU KRIDA/B-5)

Berita Terbaru