Satpol PP Kapuas Siap Tertibkan Penggunaan Masker di Tempat Umum

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 06 Mei 2020 - 14:55 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Jajaran Satpol PP dan Damkar Kabupaten Kapuas siap menertibkan masyarakat supaya selalu menggunakan masker di tempat umum, baik itu pasar maupun jalanan. Hal itu untuk mencegah penyebaran corona virus disease atau covid-19 di wilayah setempat.

Itu dilakukan sebagaimana ditegaskan dalam rapat koordinasi evaluasi percepatan penanganan covid 19 di Kabupaten Kapuas yang di pimpin langsung Bupati Kapuas, baru-baru ini. Sehingga akan diwajibkan penggunaan masker kain di tempat umum.

Kepala Satpol PP dan Damkar Kapuas Syahripin mengatakan pihaknya memperketat pengawasan dan menggalakkan penertiban warga yang tidak menggunakan masker dan masih berkumpul akan diberikan efek jera, tindakan lebih tegas kami berikan sesuai dengan ketentuan hukum kepada pelanggar anjuran dan larangan pemerintah.

"Kami minta kesadaran warga agar mematuhi kebijakan pemerintah, mematuhi anjuran menggunakan masker, dan larangan tidak melakukan kegiatan yang dapat menimbulkan kerumunan untuk percepatan penanganan wabah virus corona," ucap Syahripin, Rabu, 6 Mei 2020.

Dia menambahkan, bahwa dalam pantauan masih ada masyarakat yang tidak patuh terhadap himbauan pemerintah dalam penerapan physical distancing atau jaga jarak fisik, dan penerapan protokol kesehatan, terutama dalam kewajiban menggunakan masker ketika keluar rumah.

"Sekarang akan jadi sebuah keharusan mengunakan masker guna memutus rantai penyebaran covid-19," katanya

Sementara itu, Sekretaris Satpol PP dan Damkar Teguh Yunianto menambahkan bahwa pihaknya menerjunkan sebanyak 3 tim ke lapangan berpatroli pagi, siang, malam, tugas dan sasaran sudah dipetakan, khusus pantauan sosialisasi di lapangan pada daerah pasar-pasar di Kapuas.

Kemudian juga menyasar jalan-jalan protokol dan taman-taman, serta tempat tempat di mana warga dinilai masih belum sepenuhnya memenuhi protokol kesehatan covid-19.

“Sekali lagi, mengimbau kepada warga untuk mengunakan masker, jaga jarak hindari kerumunan dan mematuhi imbauan pemerintah, ini demi kita bersama dalam memutuskan rantai penyebaran covid-19," ucapnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-7)

Berita Terbaru