Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tanah Bumbu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pekan Depan RSUD Doris Sylvanus Mulai Terima Uji Sampel Swab dari Kabupaten

  • Oleh Hendri
  • 06 Mei 2020 - 23:41 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Uji sampel swab Covid-19 sudah difungsikan di RSUD dr Doris Sylvanus Palangka Raya menggunakan Laboratorium Biosafety Level (BSL) II.

Namun untuk menerima uji sampel dari rumah sakit atau Kabupaten lain baru bisa dilakukan paling cepat dalam 1 pekan ke depan.

"Masih untuk Doris Sylvanus dulu pemantapan Minggu depan baru bisa terima sample kabupaten," kata Direktur RSUD dr Doris Sylvanus, Yayu Indriaty saat dikonfirmasi borneonews.co.id, Rabu malam, 6 Mei 2020.

"Uji swab untuk sampel yang ada sudah bisa dilakukan tanpa mengirim ke Surabaya maupun Jakarta," ungkapnya.

Jika melihat kapasitas alat, dalam 1 kali ekstraksi mampu memeriksa hingga 32 sampel, namun untuk uji hasil pemeriksaan virusnya hingga 96 sampel dalam satu kali masuk alat.

"Jadi kelengkapan alatnya ada dua, yakni untuk ekstraksi dan RT PCR, sebelum masuk ke PCR terlebih dulu diekstraksi. Tahapan pengujian ini menghabiskan waktu sekitar 5 jam, kemudian dilanjutkan tahap validasi data dan lainnya," jelasnya.

Ia berharap semuanya bisa berjalan lancar, sehingga pemeriksaan swab ke depan bisa dilakukan lebih cepat, efektif dan efisien. (HENDRI/B-6)

Berita Terbaru