Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bangka Tengah Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Hendra Salurkan Bantuan Sembako CSR Perusahaan ke Pekerja Non Formal

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 07 Mei 2020 - 14:20 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Bupati Lamandau H Hendra Lesmana secara resmi mulai mendistribusikan bantuan penanggulangan dampak Covid-19 yang bersumber dari corporate social responsibility (CSR) perusahaan swasta. 

Penyaluran bantuan ditandai dengan penyerahan sembako kepada masyarakat kategori pekerja non formal di Desa Kujan, kecamatan Bulik, Rabu 6 April 2020.

"Bantuan yang bersumber dari CSR perusahaan kemarin sudah mulai kita salurkan, kebetulan kemarin kita serahkan kepada masyarakat kategori pekerja non formal seperti tukang tambang pasir dan pekerja serabutan lainnya," kata Bupati Hendra Lesmana saat dikonfirmasi, Kamis 7 Mei 2020.

Bantuan yang bersumber dari CSR perusahaan, kata Hendra, nantinya akan disalurkan oleh Dinas Sosial (Dinsos) untuk berbagai kategori penerima.

"Bantuan CSR ini untuk mengcover jika ada kategori masyarakat terdampak Covid-19 namun belum tercover dalam berbagai program bantuan sosial yang sudah ada, sehingga dapat meminimalisir terjadinya data penerima yang tumpang-tindih," kata Hendra. 

Hendra juga menyebut, adanya bantuan CSR perusahaan seperti halnya sembako untuk masyarakat yang disalurkan melalui pemerintah daerah cenderung lebih tepat sasaran, karena pengelolaan dan penyaluran dilakukan oleh dinas terkait berdasarkan basis data yang terintegrasi sehingga meminimalisir adanya potensi data yang tumpang-tindih.

Meski demikian, katanya lagi, selama ini tidak sedikit pihak swasta, lembaga atau bahkan perorangan yang tetap memilih mendistribusikan bantuannya secara mandiri, namun diharapkan tetap melibatkan aparat desa atau RT setempat agar menghindari potensi kecemburuan sosial dari masyarakat lainnya. (HENDI NURFALAH/B-7)

Berita Terbaru