Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Konawe Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Anak yang Terlanjur Salah Jangan Dibiarkan

  • Oleh Muhammad Badarudin
  • 07 Mei 2020 - 14:55 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Anak yang terlanjur salah dan melakukan hal-hal negatif sangat penting mendapatkan pendampingan. Jangan sampai, orang tua atau pihak-pihak lainnya berpikir anak yang sudah terlanjur salah pergaulan ini dibiarkan. 

Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (BP3AP2KB) Kabupaten Pulang Pisau, dr Bawa Budi Raharja mengatakan, pendampingan terhadap anak ini sangat penting dilakukan. Karena ketika anak dalam keadaan terpuruk, dia butuh orang yang memberikan bimbingan untuknya. 

"Bukan malah disalahkan dan dimarahi terus-terusan. Ini cara yang salah. Karena kalau dimarahi hatinya akan semakin keras," kata Bawa, Kamis, 7 Mei 2020. 

Ia menambahkan, jika anak yang sudah terlanjur salah ini kemudian dibiarkan saja, maka dia akan terus dijalan yang salah. Namun, pihak keluarga perlu melakukan pendekatan dari hati-hati, maka yakin saja anak akan memahami. 

"Kita harus menyadari bahwa pendidikan perilaku anak ini tergantung pengaruh lingkungan sekitar. Baik lingkungan keluarga maupun teman-temannya," ucap dia. 

Bawa mencontohkan, seperti halnya kasus heboh yang melibatkan 3 anak dibawah umur beberapa waktu lalu. Ketiga anak ini jika dibiarkan dan pihak keluarga tidak memberikan pemahaman, maka mereka akan semakin terjerumus. 

"Ibaratnya itu mereka bertiga ini sudah berada di ujung jurang. Nah tergantung kita kalau didorong maka mereka akan masuk jurang. Tetapi kalau kita selamatkan, masih ada harapan membuat mereka kembali ke jalan yang baik," ungkap Bawa. (M.BADARUDIN/B-7)

Berita Terbaru