Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pangandaran Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Balai Penyuluh Pertanian Paju Epat Barito Timur Kembangkan Hortikultura

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 07 Mei 2020 - 19:51 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Balai Penyuluhan Pertanian atau BPP Kecamatan Paju Epat mengembangkan komoditi hortikultura di komplek kantor maupun di lahan milik kelompok tani.

"Ada beberapa kelompok tani yang sudah mengembangkan yakni Kelompok Tani Sabar Subur dan Kelompok Tani Sumber Makmur Desa Trans Siong," ungkap Koordinator BPP Paju Epat Lukmanul Chakim, Kamis 7 Mei 2020.

Salah satu komoditi hortikultura yang dikembangkan yaitu cabai karena merupakan komoditi pangan nasional.

"Cabai merupakan komoditi yang bisa menyumbang inflasi. Artinya jika sampai komoditi ini terlambat berproduksi maka yang terjadi adalah berimbas terhadap beberapa komoditi yang lain," jelasnya.

Karena itu BPP Paju Epat mengembangkan komoditi ini agar ketersediaan dan distribusi komoditi hortikultura tersuplai terus secara berkesinambungan dan rantai pasok komoditi hortikultura mampu memenuhi permintaan pasar yang seimbang dengan penawaran.

Lukmanul berharap pengembangan komoditi ini bisa diadopsi oleh rumah tangga di sekitar Kecamatan Paju Epat yang merupakan wilayah binaan BPP.

"Dengan semua rumah tangga ikut mengembangkan komoditi ini paling tidak untuk kebutuhan sehari-hari sudah tersedia di pekarangan rumah tanpa harus membeli," pungkasnya. (BOLE MALO/B-6)

Berita Terbaru