Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Sibolga Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

9 Ponsel Baru di Indonesia Selama Pandemi Covid-19

  • Oleh Teras.id
  • 08 Mei 2020 - 10:20 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Setidaknya sembilan jenis ponsel baru telah meluncur di Indonesia sepanjang masa pandemi  Covid-19 ini. Mulai dari Infinite Note  7 sampai Samsung Galaxy A31. Harganya pun bervariasi, dari yang Rp 2 jutaan sampai belasan juta rupiah.

Sebagian dari ponsel anyar itu adalah penundaan dari agenda peluncuran di  pameran teknologi Mobile World Congress (MWC) 2020 yang seharusnya digelar di Barcelona pada akhir Februari lalu. Agenda itu urung digelar karena pandemi.

Sebagian lainnya adalah diluncurkan justru 'buah' pandemi. Beberapa vendor menyatakan menghadirkan produk barunya untuk memenuhi kebutuhan hiburan bagi masyarakat di tengah pembatasan sosial berskala besar ataupun karantina wilayah dan pribadi.

Berikut daftar ponsel yang meluncur di tengah pandemi sejauh ini. Mereka tak termasuk iPhone SE 2 yang telah ditawarkan di beberapa pasar di dunia seharga Rp 6 jutaan. belum diketahui pasti kapan perangkat tersebut akan masuk pasar Indonesia.

1. Oppo Reno3 dan Reno3 Pro

Oppo resmi meluncurkan ponsel andalan Reno3 di Indonesia, mengunggulkan fotografi lewat empat kamera di belakang pada 18 Maret 2020.  Oppo Reno3 hadir dengan kamera belakang 48 MP, lensa  telephoto  13 MP, lensa  wide-angle  8 MP dan lensa mono 2 MP.

Ponsel Oppo Reno 3 di antara sejumlah jenis yang dirilis di pasar Indonesia di tengah pandemi virus corona Covid-19. (ANTARA)

Oppo memberikan fitur 108 MP  Ultra Clear Image  melalui lensa utama untuk mengambil gambar dengan resolusi yang sangat tinggi. Pada kamera depan, Oppo menyematkan lensa 44 MP  Ultra Night Selfie  untuk berswafoto.

Perangkat yang dibekali  chip  dari MediaTek, Helio P90 dengan RAM 8 GB dan ROM 128 GB dibanderol  harga Rp 5,199 juta.

Sebulan berselang, tepatnya pada 21 April 2020, Oppo menghadirkan varian yang lebih bertenaga, yaitu Reno3 Pro. Ponsel ini memiliki lensa utama sebesar 64 MP  Ultra-Clear  yang dilengkapi bukaan f/1.79. Sementara, tiga lensa lainnya yang ada di belakang perangkat ini masing-masing berupa telefoto 13 MP,  ultra-wide angle  8 MP dan lensa mono 2 MP.

Kamera belakang Reno3 Pro menggunakan teknologi 5x  Hybrid Zoom  dan 20x  Digital Zoom  sehingga pengguna bisa mengambil foto dari jarak jauh lewat lensa telefoto. Reno3 Pro juga menggunakan  Ultra Clear  108 MP Image untuk foto berukuran besar dengan resolusi gambar tinggi dan tajam.

Berita Terbaru