Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kepulauan Aru Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Gedung Kristiani Center Pulang Pisau Mulai Tampung PDP Covid-19

  • Oleh James Donny
  • 10 Mei 2020 - 08:41 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Gedung Kristiani Center di Kabupaten Pulang Pisau mulai menampung pasien dalam pengawasan atau PDP Covid-19. PDP pertama yang ditampung adalah PDP asal Desa Bahaur Hulu Permai, Kecamatan Kahayan Kuala.

"Saat ini sudah bisa difungsikan sementara sebagai rumah singgah atau rumah karantina Covid-19 dan sudah menampung 1 orang," ujar Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Pulang Pisau, Muliyanto Budihardjo.

PDP baru ini dijemput tim gugus di rumahnya di Desa Bahaur Hulu Permai. "Pasien ini sudah tiba di Pulang Pisau dan langsung ke RSUD Pulang Pisau untuk menjalani pemeriksaan rontgen, kemudian dibawa ke rumah singgah untuk menjalani isolasi dan perawatan medis. Dia merupakan pasien pertama yang menempati rumah singgah,” katanya.

Dalam beberapa waktu terakhir ini tim gugus tugas bersama dinas teknis dan pihak terkait terus saling berkoordinasi dalam upaya merampungkan kesiapan Gedung Kristiani Center untuk bisa segera digunakan sementara sebagai rumah singgah Covid-19 Kabupaten Pulang Pisau. PDP pertama asal Bahaur ini sebelum ditetapkan dalam PDP.

Tim medis dari puskesmas telah melakukan rapid tes dan hasilnya reaktif. "Oleh karena itu kami langsung mengambil tindakan sesuai protokol kesehatan yang berlaku dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19, meski pasien ini belum dipastikan positif Covid-19.

Penggunaan Gedung Kristiani Center ini mengantisipasi penuhnya rumah sakit rujukan yakni RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya.

"Peharusnya PDP dirujuk ke Palangka Raya, tapi karena di sana sudah penuh, maka untuk sementara kami rawat di Gedung Kristiani Center Pulang Pisau,” jelasnya.(JAMES DONNY)

Berita Terbaru