Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Pasuruan Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Daftar Maskapai yang Akan Mengangkut Penumpang Non-Mudik

  • Oleh Teras.id
  • 10 Mei 2020 - 10:41 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Kementerian Perhubungan telah mengizinkan maskapai kembali membuka rute penerbangan untuk angkutan penumpang komersial di wilayah Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan zona merah per 7 Mei 2020.

Namun operasional penerbangan tersebut dikhususkan bagi penumpang untuk tujuan non-mudik. Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Novie Riyanto mengatakan seluruh maskapai telah mendaftarkan kembali izin pembukaan rute yang sempat mandek sementara.

"Termasuk propeler, semua sudah. Kami perintahkan segera on," tuturnya saat dihubungi Tempo, Sabtu, 9 Mei 2020.

Kendati begitu, Novie memastikan pengaktifan kembali maskapai untuk angkutan niaga berjadwal akan dijalankan secara bertahap.

Operasional penerbangannya pun diatur dengan Peraturan Menteri Nomor 25 Tahun 2020, Surat Edaran Ditjen Perhubungan Udara Nomor 31 Tahun 2020, dan Surat Edaran Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Nomor 4 Tahun 2020.

Berdasarkan beleid itu, penumpang yang diizinkan naik pesawat di wilayah PSBB pada masa pelarangan mudik adalah pekerja lembaga pemerintah atau swasta yang menyelenggarakan kegiatan seperti pelayanan percepatan penanganan Covid-19; pelayanan pertahanan, keamanan, dan ketertiban umum; pelayanan kesehatan; pelayanan kebutuhan dasar; pelayanan pendukung layanan dasar; dan pelayanan fungsi ekonomi penting. Kemudian, pasien yang membutuhkan pelayanan kesehatan darurat atau perjalanan orang yang anggota keluarga intinya sakit keras atau meninggal dunia.

Lalu, Pekerja Migran Indonesia (PMI), WNI, dan pelajar/mahasiswa yang berada di luar negeri yang dipulangkan dengan alasan khusus oleh pemerintah sampai ke daerah asal. Dihimpun Tempo, berikut ini lima daftar maskapai yang akan membuka penerbangannya kembali.

1. Garuda Indonesia PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk telah membuka penerbangan untuk angkutan penumpang non-mudik sejak 7 Mei 2020. Sejalan dengan itu, reservasi pemesanan tiket pun sudah dibuka melalui situs resmi perusahaan sehari sebelumnya.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan, kendati sudah dibuka, pengaktifan rute tidak langsung seluruhnya dilakukan pada 7 Mei. Perusahaan baru mengoperasikan seluruh rute mulai 9 Mei 2020.

Irfan memastikan maskapai akan memenuhi protokol kesehatan sesuai yang ditetapkan oleh Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 dan Kementerian Kesehatan.

Berita Terbaru